Jokowi Sentil Para CEO Jelang Pemilu 2024: Jangan Ngipasin atau Manas-manasin

Kamis, 02 November 2023 - 15:12 WIB
loading...
Jokowi Sentil Para CEO Jelang Pemilu 2024: Jangan Ngipasin atau Manas-manasin
Beri pesan khusus kepada para pimpinan perusahaan atau CEO menjelang Pemilu 2024, Jokowi mengatakan paling penting bapak ibu jangan beli kipas gitu ngipasin, atau ibu-ibu beli kompor, manas-manasin. Foto/Dok
A A A
PENAJAM PASER UTARA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menitipkan, pesan khusus kepada para pimpinan perusahaan atau CEO menjelang Pemilu 2024 , mendatang. Jokowi mengutarakan, para pimpinan perusahaan atau CEO tidak perlu ikut memanas-manasi suhu perpolitikan.



Awalnya Jokowi menjawab mengenai kerisauan para pimpinan perusahaan mengenai keberlanjutan Ibu Kota Nusantara (IKN) usai dirinya tidak lagi menjabat sebagai Presiden nanti. Menurutnya para pengusaha tidak perlu takut, karena pembangunan IKN telah diatur Undang-undang.

"Jadi kalau ada yang khawatir apa gitu, pak nanti gak di lanjutkan? Undang-undangnya sudah ada, undang-undangnya di dukung 93% fraksi partai-partai di DPR, Apalagi?," kata Jokowi dalam sambutannya pada Forum CEO di Kawasan IKN, Penajam Paser Utara, Kamis (2/11/2023).



Para pimpinan, kata Jokowi, tidak perlu takut apalagi menjelang pemilu serentak. Dirinya menganggap wajar adanya perbedaan pilihan. Namun, Jokowi menekankan agar para pimpinan perusahaan tidak ikut memanas-manasi jalannya pemilu.

"Takut apalagi? Takut pemilu? Ini kadang-kadang, kita ini kan sudah berapa kali pemilu langsung 2009, 2014, 2019 ya kalo mau pemilu anget-dikit, agak-agak panas gak papa. Yang paling penting bapak ibu jangan beli kipas gitu ngipasin, atau ibu-ibu beli kompor manas-manasin," kata Jokowi.

Jokowi meyakini bahwa Indonesia telah semakin dewasa dalam berdemokrasi. Rakyat, katanya, memiliki kedaulatan dan akan menentukan pemimpin ke depan.

"Kita ini saya lihat sudah semakin dewasa dalam berdemokrasi perbedaan itu biasa, beda pilihan biasa gituloh yang milih semuanya kan rakyat, kedaulatan itu ada di tangan rakyat," kata Jokowi.

"Bapak seng ganteng apapun kalau rakyat gak senang gimana? Bapak senangnya ndeso, ndeso kayak saya ini gimana? Pilihan rakyat," sambungnya.

Jokowi juga berharap para pemimpin perusahaan dan pebisnis untuk tidak serta merta mengomentari apalagi menjadi politikus.

"Persaingan, kompetisi dalam pemilu biasa-biasa aja. Gausah bapak ibu, ini biasa di bisnis, biasa di ekonomi, gausah lah belajar jadi politikus mengomentari, malah bisa keliru. Yang paling penting kita berharap semua setelah bertanding, setelah berkompetisi, kompak lagi bersatu lagi untuk negara dan bangsa yang kita cintai," ungkapnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)