alexametrics

Tanpa Karburator, KTM Resmi Perlihatkan Motor 2 Tak Super Irit

loading...
Tanpa Karburator, KTM Resmi Perlihatkan Motor 2 Tak Super Irit
Perusahaan sepeda motor asal Austria, KTM akhirnya resmi memproduksi dan menjual motor bermesin 2 Tak, disaat semua merek motor meninggalkan 2 tak. FOTO/ Doc KTM
A+ A-
KUALALUMPUR - Perusahaan sepeda motor asal Austria, KTM akhirnya resmi memproduksi dan menjual motor bermesin 2 Tak, disaat semua merek motor meninggalkan mesin 2-stoke alias dua tak.  KTM memastikan akan memproduksi motor  dua tak dengan sistem injeksi untuk varian enduro.

Rencananya bulan Mai 2018 motor ini akan memulai debutnya, namun tersembunyi di di tengah keriuhan model KTM Duke 250 dan Duke 390 yang baru saja diluncurkan, sepeda enduro KTM 250 EXC TPI akhirnya diperlihatkan di Malaysia seharga RM45.050.



Seperti dilansir dari Paultan, Jumat, (29/9/2017), Motor ini gunakan Mesin satu silinder berkapasitas 249 cc single-cylinder two-stroke - sebuah produksi seri pertama.

KTM mengklaim bahwa teknologi Transfer Port Injection (TPI) secara drastis mengurangi konsumsi bahan bakar, dengan campuran oli samping. Transmisi ini merupakan gearbox enam kecepatan dengan kopling basah hidrolik. Kapasitas bahan bakar adalah sembilan liter, sedangkan berat basah 103,5 kg tanpa bahan bakar.

Mesin ini akan dicangkokan di KTM 250 EXC, KTM 300 EXC dengan teknologi mesin TPI (Pelabuhan Injection), dan model yang akan diperkenalkan ke pasar ada model special engine (SE) sebagai bagian model line-up 2018.

KTM menciptakan mesin ini berdasarkan departemen BI (Penelitian dan Pengembangan CO) di Mattighofen, Austria. BI Mengembangkan teknologi ini, menawarkan manfaat lebih dari model karburator dan dapat mengurangi drastis pemakaian  bahan bakar.

Tidak hanya itu, mesin 2-stroke KTM TPI akan menawarkan sebagai 'pengalaman yang sama sekali baru dalam tenaga dan rideability'.

"Ini merupakan perkembangan yang sangat menarik untuk KTM. Mesin 2-stroke dengan injeksi bahan bakar, Ada dua pengujian ekstensif dan Pertimbangan Penelitian dan Pengembangan oleh tim, dan ini adalah teknologi pertama di dunia,  Kita tentu berharap untuk meluncurkan  KTM 250 EXC, KTM 300 EXC dengan mesin TPI  Mei 2018," tutur Joachim Sauer, Product Marketing Manager KTM seperti dilansir Morebikes.

Seperti diketahui, motor trail KTM yang mengusung dapur pacu 2-tak masih memiliki daya tarik pembeli yang sangat kuat. Ini dapat dibuktikan dengan tingginya penjualan motor bermesin 2-stroke. Hebatnya kontribusi penjualan motor dengan mesin 2-tak mencapai hampir 305 dari total penjualan KTM.

Tanpa Karburator, KTM Resmi Perlihatkan Motor 2 Tak Super Irit

Diminatinya motor trail 2-tak KTM memang tidak mengherankan. Motor off-road KTM bermesin 2-stroke dikenal memiliki bobot yang sangat ringan, tapi dengan tenaga mesin yang sangat besar. Hasilnya power to weight ratio (PWR) motor off-road KTM tidak tertandingi. Dengan motor 2-tak ini rider lebih mudah menaklukkan jalur berat karena tenaga besar dan bobot yang ringan.

Adapun line-up produk KTM 2-tak yang masuk ke Indonesia untuk jenis motor enduro antara lain; 250 EXC Six Days, 300 EXC Six Days dan Freeride 250R. Sedangkan untuk kategori motocross yaitu; 50 SX, 65 SX, dan 85 SX 19/16.

 Varian yang Anda lihat ini  adalah hanya akan dipajang selama  Enam Hari untuk memperingati International Six Days Enduro di Brive-la-Gaillarde, Prancis.
(wbs)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak