Ledakan Beirut Berbeda dari Bom Hiroshima dan Nagasaki Tepat 75 Tahun Lalu

Kamis, 06 Agustus 2020 - 09:59 WIB
loading...
Ledakan Beirut Berbeda dari Bom Hiroshima dan Nagasaki Tepat 75 Tahun Lalu
Ledakan Bom Hiroshima dan Nagasaki Tepat 75 Tahun Lalu. FOTO/ THE SUN
A A A
TOKYO - Ledakan di Beirut Lebanon mengingatkan dengan Bom Atom di Jepang yang Hari ini tepat 75 tahun lalu Senjata nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki di Jepang pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 dan meratakan kedua kota tersebut, menewaskan sekitar 135.000 orang.

Mereka meledak dengan kekuatan yang setara dengan 15.000 dan 21.000 ton bahan peledak konvensional. BACA JUGA - TikTok Dipaksa Jual, China Pamer 'Anak Selingkuhan' Harley Davidson

Pada Juli 1945 Presiden AS Harry Truman memberi perintah untuk membom atom Jepang, Senjata ini dikembangkan oleh para ilmuwan Proyek Manhattan - untuk dijatuhkan di enam kota Jepang setelah pemboman konvensional yang tak ada habisnya ternyata tidak membuahkan hasil.

Amerika sangat membutuhkan cara tepat untuk menghentikan konflik tersebut, menghitung invasi ke Jepang akan berlarut-larut selama bertahun-tahun dan memakan jutaan nyawa Sekutu. Baca Juga - Ilmuwan China ungkap Sarang COVID-19, WHO Akui Bukan Wuhan

Tetapi keputusan untuk meledakkan bom yang menghancurkan tetap diselimuti kontroversi, Laksamana William Leahy, yang memimpin kepala staf gabungan AS-Inggris menulis penyesalannya.

Dia berkata: “[P] dia menggunakan senjata biadab ini di Hiroshima dan Nagasaki tidak ada bantuan materialnya dalam perang kita melawan Jepang. Jepang sudah dikalahkan dan siap untuk menyerah. "

Apa yang tidak pernah diperdebatkan, bagaimanapun adalah kehancuran dan tragedi yang tersisa setelah bom itu.

Kejadiannya saat itu Pada pukul 8.15 pagi tanggal 6 Agustus 1965, bom uranium Anak Kecil, panjang 9 kaki 10 inci dan berat 9.700 pon, dari ketinggian 31.060 kaki diledakkan tepat di atas rumah sakit Shima di Hiroshima setelah meledakkan 820 kaki dari jalurnya.

Setelah 43 detik, bom tersebut meledak 1.970 kaki di atas tanah, tepat di atas rumah sakit Shima, dengan kekuatan yang setara dengan 15.000 ton bahan peledak tinggi.

Ini menciptakan kilatan cahaya yang menyilaukan dan bola api seluas 1.200 kaki dengan suhu inti lebih dari 1.000.000C.

Korban di zona ledakan langsung diuapkan, hanya menyisakan bayangan mereka di dinding dan trotoar yang hangus di mana mereka berdiri sebagai gelombang kejut yang lebih cepat daripada kecepatan suara yang melenyapkan hampir semua bangunan dalam jarak satu mil.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)