Korut Gandeng Perusahaan Asal Rusia Tingkatkan Kemampuan Internet

Selasa, 03 Oktober 2017 - 16:45 WIB
Korut Gandeng Perusahaan Asal Rusia Tingkatkan Kemampuan Internet
Korut Gandeng Perusahaan Asal Rusia Tingkatkan Kemampuan Internet
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) terkenal dengan negara yang tidak begitu terbuka akan dunia luar, termasuk untuk urusan akses internet. Namun negara yang dipimpin Kim Jong-un ini sepertinya mulai membuka diri terhadap internet.

Seperti dilasir dari Reuters, Selasa (3/10/2017), belum lama ini Korut menggandeng TransTelecom yang merupakan perusahaan telekomunikasi asal Rusia. Perusahaan yang memantau konektivitas internet Dyn Search mengatakan pihaknya telah melihat perusahaan TransTeleCom melakkan konektivitas lalu lintas Korea Utara sejak sekitar pukul 0900 GMT (pukul 16.00 WIB) pada Minggu (1/10).

Sebelumnya internet Korut terbatas pada beberapa ratus koneksi. Namun koneksi tersebut sangat penting untuk mengkoordinasikan serangan siber di negara tersebut, menurut kepala kantor teknologi FireEye untuk kawasan Asia Pasifik Bryce Boland.

Boland juga memastikan koneksi baru tersebut, yang pertama kali dilaporkan oleh 38 North, sebuah proyek di Institut Korea Selatan-Amerika Serikat di Johns Hopkins School of Advanced International Studies (SAIS).

Boland mengatakan bahwa koneksi dari Rusia akan meningkatkan kemampuan Korut untuk memimpin serangan siber di masa depan.

Sebagai informasi, Korea Utara kerap dituding atas beberapa serangan dunia maya yang terbilang besar dalam beberapa tahun terakhir, termasuk terhadap bak-bak dan Sony Pictures dan juga serangan WannaCry ransomware yang menggemparkan dunia. Namun Pyongyang selalu membantah keterlibatannya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9936 seconds (0.1#10.140)