5 Cara Pemeriksaan Rutin Ponsel Android Agar Tetap Aman

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:01 WIB
loading...
5 Cara Pemeriksaan Rutin Ponsel Android Agar Tetap Aman
Ilustrasi ANDROID. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Perangkat ponsel rasanya jadi satu benda yang tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari. BACA JUGA - TikTok Dipaksa Jual, China Pamer 'Anak Selingkuhan' Harley Davidson

Ponsel pun menjadi salah satu tempat yang berisi data pribadi dan hal-hal berharga lainnya, seperti email, foto, informasi perbankan, hingga media sosial.

Karena itu, sangat penting membuat ponsel tetap aman dan terbebas dari tangan nakal yang menggunakan data pribadi untuk berbuat jahat seperti peretasan.

Dalam laporan terbaru Kaspersky, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan pengguna perangkat ponsel Android agar semakin aman.

1. Periksa aplikasi

Mulailah dengan daftar aplikasi yang diinstal. Telusuri dengan cermat dan segera menghapus apa pun aplikasi yang tidak digunakan.

Dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan, pengguna akan mendapatkan berbagai manfaat. Pertama, mengosongkan ruang di ponsel, dan meningkatkan kinerja. Kedua, meningkatkanmasa pakai baterai jika beberapa aplikasi yang tidak terpakai dihapus.

Ketiga, Anda tidak akan menjadi target potensial bagi mata-mata dan pencuri, jika terdapat aplikasi yang berpotensi berbahaya di ponsel Anda.

Bahkan aplikasi yang sah sekalipun dapat menjadi sumber infeksi jika diretas, atau jika pengembangnya tanpa sadar menggunakan komponen berbahaya dalam kode aplikasi. Semakin sedikit aplikasi berarti semakin kecil peluang terjadinya insiden keamanan.

2. Periksa izin aplikasi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0926 seconds (0.1#10.140)