Tiga Motor Aneh Yamaha Bakal Nongkrong di Tokyo Motor Show

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 06:03 WIB
Tiga Motor Aneh Yamaha Bakal Nongkrong di  Tokyo Motor Show
Tiga Motor Aneh Yamaha Bakal Nongkrong di Tokyo Motor Show
A A A
YOKOHAMA - Tidak seperti produsen motor lain tidak tanggung-tanggung, Yamaha memastikan akan memboyong tiga motor aneh di Tokyo Motor Show 2017 akhir Oktober ini. Yamaha berencana untuk mengungkapkan beberapa motor aneh di acara itu.

1. MOTOROiD

Tiga Motor Aneh Yamaha Bakal Nongkrong di Tokyo Motor Show



Seperti dilansir dari motorcyclemagazine, mungkin yang paling radikal adalah MOTOROiD. Yamaha menyebut MOTOROiD karena sebagaian mesin eksperimental dengan "menggunakan kecerdasan buatan dan mengeksplorasi kelayakan konsep untuk menciptakan bentuk mobilitas pribadi yang baru dimana pengendara bergema secara harmonis dengan mesin.

Disebutkan konsep Yamaha Motoroid akan mengubah persepedamotoran di masa depan. Konsep tampak seperti setengah motor dan setengah hewan peliharaan. Sebab, mampu mengenali pemiliknya sekaligus berinteraksi dengannya, seperti makhluk hidup saja.

Yamaha akan menerapkan kecedasan buatan pada konsepnya itu, yang memberikan pengalaman Kando, kata dari bahasa Jepang yang memiliki makna akan perasaan mendalam yang menyenangkan dan berkelanjutan. Sehingga konsep seperti memiliki kepribadian atau karakter sendiri.

Sosok Yamaha Motoroid sendiri unik berpenggerak listrik, dengan desain sasis tidak biasa, demikian pula dengan garpu depan, dan jok body grab. Sementara detail lainnya belum dibuka oleh pabrikan dari Iwata itu.

2. MOTOBOT

Tiga Motor Aneh Yamaha Bakal Nongkrong di Tokyo Motor Show


Bos Yamaha Motor Hiroyuki Yanagi Yamaha mengatakan Yamaha tengah mengembangkan proyek besar dan menjalin kerjasa sama dengan produsen robot, SRI Internationa ldengan menciptakan robot (motobot), yakni robot pembalap yang mungkin akan menjadi generasi penerus, Valentino Rossi.

'Kami akan menggunakan keahlian kami yang sudah diperoleh dari robot untuk sepeda motor kita ' tutur Hiroyiki seperti dilansir MCN,.

Presiden Hiroyuki Yanagi mengungkapkan sistem baru pada kecerdasan robot buatan telah dikembangkan bersama dengan badan penelitian AS untuk mengizinkan 'humanoids' alias Motobot nama robot itu untuk naik sepeda.

Tujuan utama robot ini juga untuk memperbaiki tingkat keselamatan pembalap, termasuk sebagai pelopor bisnis dalam bidang teknologi Yamaha.

"Kami akan menggunakan keahlian kami telah diperoleh dari robot untuk sepeda motor kita. Kami akan mempromosikan pengembangan teknologi ini untuk membuat sepeda motor mengemudi lebih mudah," tambah Yanagi.

Yamaha tidak mempublikasikan informasi lain dari Motobot tersebut, tapi yang jelas adalah robot ini sepenuhnya bekerja otomatis. Dalam berbagai foto yang dirilis oleh Yamaha sendiri, Motobot tersebut duduk manis di atas jok superbike YZF-R1M.

Rencana adu kebut robot ini akan diperkrnalkan tahun 2017 mendatang, namun belum ditentukan sirkuit mana yang akan menjadi tempat digelarnya kompetisi tersebut.

3. MWC-4

Tiga Motor Aneh Yamaha Bakal Nongkrong di Tokyo Motor Show


Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, Yamaha juga akan memboyong MWC-4 di Tokyo. Motor ini jenis persilangan antara ATV dan sepeda motor, MWC-4 namun lebih ramping berdasarkan teknologi multi roda skuter Yamaha Tricity dan konsep sepeda MWT-9.

Model lain yang dirancang untuk mengeksplorasi kemungkinan sepeda motor berbasis pribadi adalah MWC-4. Ini memiliki dua ban di depan dan belakang, dan karena bisa menempatkan dua orang di dalamnya.

Menurut Yamaha, MWC-4 ini didukung oleh motor listrik, dengan range-extenders dan menggunakan teknologi kontrol perilaku, sehingga memberikan tingkat kenyamanan yang tidak dapat ditemukan pada sepeda motor biasa.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9163 seconds (0.1#10.140)