alexa snippet

Laporan Langsung SINDOnews dari Jepang

Instruktur Safety Riding Binaan AHM Kembali Harumkan Indonesia

Instruktur Safety Riding Binaan AHM Kembali Harumkan Indonesia
Salah satu Instruktur safety riding terbaik binaan Astra Honda Motor (AHM) Fendrik Alam Pribadi berhasil mempertahankan tradisi juara pada ajang internasional tersebut. FOTO/ SINDOnews
A+ A-
SUZUKA - Perhelatan 18th Safety Japan Instructors Competition 2017 yang dimulai sejak Kamis (19/10) akhirnya selesai digelar di sirkuit Suzuka, Jepang, Jumat (20/10). Salah satu Instruktur safety riding terbaik binaan Astra Honda Motor (AHM) Fendrik Alam Pribadi berhasil mempertahankan tradisi juara pada ajang internasional tersebut.

Instruktur safety riding PT Mitra Pinastika Mulia (MPM), main dealer Honda wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur berhasil menempati posisi ketiga di dua kategori sekaligus di kelas Grom 125 yaitu kategori grup C dan kategori antar grup.

Pada kategori antar Fendrik berhasil meraih poin 2.254. Hasil ini mengantarkannya menempati posisi ketiga dari 11  instruktur safety riding 6 negara yang bertanding di kategori ini, termasuk instruktur tuan rumah, Jepang.

"Saya senang sekali bisa juara di kompetisi ini. Semoga bisa bermanfaat untuk bekal mengampanyekan safety riding di Tanah Air," kata Fendrik usai pengumuman juara di hotel Sirkuit Suzuka, Jumat (20/10).

Fendrik menjelaskan, faktor hujan dan trek kompetisi yang basah menjadi salah satu tantangan terbesar pada kompetisi tahun ini. Kondisi ini menuntut konsentrasi tinggi dari peserta kompetisi safety riding ini.

Kendati demikian, lanjut Fendrik, pengalaman mengikuti parhelatan ini merupakan pengalaman berharga untuk mengampanyekan keselamatan berkendara di Indonesia, khususnya Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur.

"Kami disana punya program training Centre safety riding yang diajarkan mulai dari tingkat kanak-kanak hingga perusahaan dan pemerintahan. Dengan pengalaman ini, saya mempunyai bekal untuk mengajarkan keselamatan berkendara dari kompetisi ini," ungkap mantan pebalap yang mengakui keunggulan instruktur Thailand dan Vietnam dalam ajang safety riding bergengsi ini.

Selain mengutus Fendrik, PT AHM pada gelaran The 18th Safety Japan Instructors Competition 2017, memberangkatkan 3 instruktur terbaik lain yang merupakan jawara Astra Honda Safety Riding Instructor Competition(AH-SRIC) yang digelar secara nasional pada Mei 2017 lalu.  Reza Novendri dari PT. CDN – Aceh bertanding di kelas big bike 750 cc. Sedangkan Isa Giant Imandra dari Astra Motor Semarang yang merupakan jawara kedua pada kelas yang sama bertanding pada kelas 400cc bersama dengan Dimas Satria yang merupakan perwakilan main dealer Honda, PT Mitra Phinasthika Mulia sekaligus jawara kedua Safety Japan Instructor Competition dikelas 125cc tahun 2016.

"Sayangnya di kelas lain instruktur safety riding kita belum beruntung. Kami yakin banyak pelajaran yang bisa didapat dari kompetisi ini untuk pengembangan kampanye dan edukasi safety riding yang kami lakukan bersama para inatruktur di Tanah Air nanti," ujar Deputy Head of Corporate Communication AHM.

Kompetisi The 18th Safety Japang Instructors Competition pertama kali digelar pada tahun 1996. Tahun ini merupakan kali ke 10 duta safety riding Indonesia berpartisipasi di ajang kompetisi yang akan dihelat pada 19-20 Oktober 2017 di Suzuka Circuit Traffic Education Center, Jepang. Dalam ajang kompetisi safety riding internasional ini, peserta diuji pengetahuan dan keterampilan keselamatan berkendara dalam ujian teori dan praktik. Pada ujian teori, peserta kompetisi dituntut mampu memiliki pemahaman secara menyeluruh terkait ilmu pengetahuan, attitude serta teknik berkendara yang mengedepankan unsur keselamatan. Lalu pada uji praktik, peserta akan diuji kemampuannya melalui uji plank ridding, course slalom, dan braking.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top