YouTube Go Bakal Jadi Solusi Nonton Video di saat Paceklik Kuota Internet

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 18:01 WIB
YouTube Go Bakal Jadi Solusi Nonton Video di saat Paceklik Kuota Internet
YouTube Go Bakal Jadi Solusi Nonton Video di saat Paceklik Kuota Internet
A A A
BANDUNG - Harga kuota internet masih dianggap mahal. Karena itu, masyarakat pengguna smartphone masih was-was saat mau menonton YouTube mengingat besarnya kuota yang harus dipakai. Mereka khawatir menikmati sajian video berdurasi panjang bakal menyedot habis kuota internetnya.

Tetapi kini Google punya solusinya. Mereka yang memiliki kuota terbatas bisa menonton YouTube dengan penggunaan paket data rendah, bahkan bisa diatur sesuai sisa kuota.

Google baru-baru ini merilis YouTube Go. Sebuah aplikasi mirip YouTube tapi lebih ringan dan ramah kuota.

Head of Consumer Marketing Google Indonesia, Fibriyani Elastria mengatakan, YouTube Go dirilis pada Agustus lalu dan masih dalam bentuk beta. Saat ini produk tersebut terus diperkenalkan kepada publik.

Untuk aplikasi itu, Google menempatkan Indonesia sebagai target pemasaran aplikasi YouTube versi hemat data. "YouTube Go diperuntukkan bagi negara-negara berkembang, salah satunya Indonesia. Di mana masih banyak orang ingin nonton YouTube, tetapi masih terkadala kuota, WiFi, atau koneksi internet yang cenderung lambat," ungkap Fibriyani di Bandung, Jabar, Sabtu (21/10/2017).

Menurut dia, pengguna YouTube di Indonesia tergolong besar. Nyaris 60%-nya ada di Pulau Jawa. Jawa Barat, lanjut dia, termasuk kawasan dengan pengguna YouTube yang cukup tinggi. Sayangnya hingga kini masih ada warga yang masih ragu untuk membukanya, khawatir penggunaan data yang cukup besar.

"Apalagi masyarakat di kota kecil banyak yang masih masalah dengan koneksi internet dan data. Tetapi melalui YouTube Go, mereka tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini menyediakan pilihan kuota," janjinya.

Kelebihan dari aplikasi baru itu adalah user bisa membatasi sendiri penggunaan kuotanya. Selain itu, ketersediaan fitur pratinjau sebelum menonton video secara utuh, membuat penggunaan kuota lebih hemat.

"Kami berharap aplikasi ini menjadi solusi bagi masyarakat, karena sangat ramah terhadap kuota walaupun 2G/3G," ujar Fibriyani.

Salah satu langkah menyosialisasikan penggunaan Youtube yakni menggelar event YouTube Fanfest Showcase. Sebuah festival yang akan mempertemukan penonton dengan kreator YouTube. Kali ini, acara itu akan digelar di Bandung pada 20-22 Oktober 2017 di Ciwalk.

Selain di Bandung, acara yang sama juga akan digelar di Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta. Sejumlah kreator YouTube akan hadir seperti Ria Ricis, Hanin, dan lainnya. Arif budianto
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6648 seconds (0.1#10.140)