Honda Super Cub Diproduksi Lagi, Jepang Minta China Ikhlas

Minggu, 22 Oktober 2017 - 11:58 WIB
Honda Super Cub Diproduksi Lagi, Jepang Minta China Ikhlas
Honda Super Cub Diproduksi Lagi, Jepang Minta China Ikhlas
A A A
YOKOHAMA - Honda telah memastikan akan memproduksi motor legenda Honda Super Cub Series untuk tahun 2018 yakni Super Cub 50 dan Super Cub 110. Tak hanya itu produksi kedua model tersebut akan berpindah dari China ke pabrik Kumamoto, Jepang milik Honda.

Bahkan Honda akan memperkenalkannya di Tokyo Motor Show 2017 untuk mengenalkan edisi khusus Super Cub Honda untuk memperingati produksi 100 juta unit sepeda motor.

Seperti dilansir dari Young Magazine, Honda akan memproduksi dua model spesial di Jepang yakni model yang disebut Honda Cub 50 dan Honda Cross Cub 110 produksi di China.

" Setelah Tokyo Motor Show, Honda Motor Company Jepang akan memindahkan produksi Honda Super Cub Series ke Jepang," tulis Honda seperti dilansir dari Young Magazine.

Honda Super Cub Diproduksi Lagi, Jepang Minta China Ikhlas


Berdasarkan ilustrasi yang diberikan, itu adalah model dengan desain klasik namun diberi suntikan modern misalnya penggunaan lampu LED. Sebagai desain klasik rasanya rasanya tidak akan lengkap tanpa diberi finishing krom pada eksterior untuk menaikkannya.

Honda Super Cub Diproduksi Lagi, Jepang Minta China Ikhlas


Varian Honda Cub 50 memiliki efek retro kemewahan yang jelas pada pilihan warnanya dan kemasan kulit di tempat duduknya. Namun, berdasarkan gambar-gambar ini, hanya ditawarkan dengan duduk sater.

Ini berbeda dengan Honda Cross Cub 110 dengan dua pilihan tempat duduk dan bentuk tubuh lebih ramping. Bagian pencahayaan utama LED telah ditambahkan dengan masker yang terasa lebih fungsional sebagai aksesori.

Cross Cub 110 juga dibebankan dengan warna hitam di bagian luar agar terlihat kasar dan tahan lama. Itu berlangsung sampai pelek, knalpot, mesin dan sebagainya. Dari tempilannya Honda Cub lebih mengesankan, tampilanya yang klasik, lebih nyaman dan di klaim lebih kuat.

Honda Super Cub Diproduksi Lagi, Jepang Minta China Ikhlas


Sementara itu, seperti dilansir dari Autopro, Perusahaan Custom Shanghai dari China telah memutuskan untuk meluncurkan Honda Cub untuk menjadi motor listrik ramah lingkungan dan juga untuk menyaingi,Honda EV-Cub.

Honda Super Cub Diproduksi Lagi, Jepang Minta China Ikhlas


Motor China dengan desain Honda Cub bisa mengangkut muatan 80kg dengan kecepatan hingga 50km / jam. Menurut Shanghai Custom, motor ini bisa mencapai kecepatan hingga 80km / jam jika baterai diisi sempurna.

Dilengkapi dengan baterai Li-ion Panasonic Sanyo dengan kapasitas 1.2kW sehingga kendaraan bisa menempuh jarak 50 km dengan kecepatan 50km / jam.

Jika ditilik dari motor Honda EV-Cub yang asli, pihak Honda mengatakan bahwa EV-Cub akan menjadi motor listrik yang bisa menempuh jarak tempuh paling jauh dibandingkan rival sekelasnya. Keunggulan lainnya adalah baterai lithium-ion yang menjadi sumber daya motor listriknya dapat dilepas dan diisi ulang di dalam rumah.

Honda Super Cub Diproduksi Lagi, Jepang Minta China Ikhlas


Yang juga menggembirakan adalah Honda akan memproduksi EV-Cub di Jepang dan pasar negara ASEAN. Kabarnya basis produksi juga akan dilakukan di Indonesia dan Thailand.

Untuk menjadi sebuah konsep, dibutuhkan beberapa tahun percobaan. Dan tampaknya, secara perlahan tampaknya sepeda ini akan segera diproduksi secara massal.

Meskipun dari beberapa bocoran EV Cub tidak mengalami banyak perubahan, tapi saat ini lampu tidak lagi menggunakan lampu LED berwarna biru. Roda depan motor juga tidak lagi menggunakan hub-mount besar dan akan ada tambahan swingarm baru. Namun untuk bagian mesin masih hampir sama.

"Ini adalah model komuter pribadi jarak pendek yang mengikuti konsep. Motor ini mudah ditangani dan sangat ekonomis," menurut pernyataan resmi dari pihak Honda

Dengan menempatkan baterai, komponen berat pada posisi rendah di tengah bodi motor. Hal ini memudahkan pengguna untuk mematikan sepeda motor.

Selain itu, baterai dapat dilepas dan dipasang untuk melakukan isi ulang dengan menggunakan stopkontak rumah biasa.

Honda Super Cub Diproduksi Lagi, Jepang Minta China Ikhlas


Tidak hanya itu, perusahaan juga menyediakan Super Cub Concept, dengan mesin bensin. Model terbaru itu pada dasarnya sama seperti Super Cub terdahulu. Hanya saja ada beberapa tambahan sehingga tampilannya lebih up to date.

Biasanya Super Cub terlihat dalam bentuk C90 dan terkenal sebagai motor paling populer yang pernah dibuat. Motor ini menjadi representasi sempurna dari transportasi dasar bermotor.

Honda Cub Series sendiri pertama diproduksi untuk pertama kalinya pada tahun 1958, Honda Cub dengan cepat menjadi fenomena tidak hanya di Jepang tapi juga di negara lain di seluruh dunia.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7943 seconds (0.1#10.140)