Google Rilis Fitur Berbagi File 'Nearby Share'

Jum'at, 07 Agustus 2020 - 07:31 WIB
loading...
Google Rilis Fitur Berbagi File Nearby Share
Google Rilis Fitur Nearby Share. FOTO/ IST
A A A
MENLO PARK - Google sudah lama mengembangkan fitur transfer data instan untuk perangkat Android. Akhirnya ini, fitur yang disebut "Nearby Share" itu sudah meluncur untuk sistem operasi Android.

Fitur Nearby Share ini sudah bisa digunakan untuk jutaan ponsel yang menjalankan sistem operasi Android Marshmallow 6.0 ke atas. BACA JUGA -Pak Haji dari Makassar Sukses Bikin Ninja ZX-25R Jadi Motor Murahan

Saat ini fitur tersebut baru tersedia untuk beberapa ponsel Pixel dan Samsung, tapi Google mengatakan fitur ini akan merambah perangkat lain dalam beberapa minggu ke depan.

Cara kerja Nearby Share tidak jauh beda dengan AirDrop milik Apple. Fitur ini bisa diakses lewat tombol yang ada di kolom Quick Settings yang bisa diakses dengan menggeser notifikasi ke bawah.

Dikutip dari The Verge, Kamis (6/8/2020), Google mengatakan fitur pengiriman data ini bisa bekerja baik online maupun offline. Selain melalui mobile data dan Wi-Fi, pengguna juga bisa mengirim data lewat Bluetooth, Bluetooth Low Energy (BLE), WebRTC, atau peer-to-peer WiFi.

Saat ini Nearby Share baru bisa digunakan untuk sesama perangkat Android, dan akan tersedia untuk Chromebooks dalam beberapa bulan ke depan. Tapi fitur ini tidak bisa berbagi data ke perangkat iOS, Mac atau Windows.

Ditanya apakah ada dukungan untuk semua perangkat yang datang, juru bicara Google mengatakan berencana untuk mencoba memperluas fitur ke platform tambahan di masa depan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)