XL Axiata Perkenalkan Aplikasi Nelpin

Jum'at, 27 Oktober 2017 - 22:23 WIB
XL Axiata Perkenalkan Aplikasi Nelpin
XL Axiata Perkenalkan Aplikasi Nelpin
A A A
JAKARTA - PT XL Axiata memperkenalkan aplikasi Nelpin (Nelayan Pintar) kepada seluruh nelayan di Indonesia agar dapat memanfaatkan teknologi untuk bekerja di tengah laut melalui jaringan operator tersebut.

Caretaker Vice President XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim mengatakan aplikasi Nelpin pada program Nelayan Go Online untuk menyiapkan nelayan memasuki era digitalisasi di Indonesia. Menurutnya, XL Axiata telah bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mendorong nelayan segera go digital.

"Sekarang giliran nelayan dari Banyuwangi, Jawa Timur, yang mendapatkan donasi ini agar segera dipergunakan untuk meningkatkan produktivitas. Penyerahan Perangkat Nelayan pintar ini dilakukan di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi," ujarnya dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Imam optimistis melalui dukungan XL Axiata kepada nelayan kali ini, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup termasuk secara ekonomi, pendidikan, kesehatan dan bidang sosial.

Aplikasi Nelpin memiliki sejumlah fitur yang bermanfaat untuk mendukung seluruh aktivitas nelayan saat melaut maupun untuk mengenai kondisi pasar ikan. Fitur lain yang disediakan XL Axiata pada aplikasi itu antara lain menyediakan informasi arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, posisi atau koordinat nelayan (GPS), lokasi berkumpul ikan.

"Selain itu juga tersedia informasi terkait harga ikan terupdate, juga permintaan atas jenis-jenis ikan. Aplikasi Nelpin ini dirancang oleh Kementerian KKP dan ditargetkan untuk bisa dimanfaatkan bagi para nelayan di seluruh Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, seluruh nelayan penerima manfaat ini akan mendapatkan gratis paket data selama dua bulan dan handset dari XL Axiata. Sementara itu, dari sisi jaringan untuk mendukung pengoperasian Nelpin, XL Axiata telah menyediakan layanan 4G LTE dan 3G yang memadai di lokasi-lokasi implementasi Program Nelayan Go Online ini.

"Jaringan tersebut juga bisa menjangkau lepas pantai tempat nelayan menangkap ikan dengan memanfaatkan Nelpin. Sebelumnya, program ini sudah terimplementasi antara lain di Makasssar, dan Medan," tuturnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8406 seconds (0.1#10.140)