Lulusan Kedokteran Hewan Hanya Jadi Dokter Klinik? Jangan Salah, Ini 7 Prospek Kariernya

Kamis, 16 November 2023 - 09:42 WIB
loading...
Lulusan Kedokteran Hewan Hanya Jadi Dokter Klinik? Jangan Salah, Ini 7 Prospek Kariernya
Siapa bilang lulusan kedokteran hewan hanya menjadi dokter klinik? Setidaknya ada 7 profesi menjanjikan bagi lulusan kedokteran hewan, salah satunya di perusahaan swasta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini berbagai peluang kerja lulusan jurusan kedokteran hewan .Kamu berminat kuliah di jurusan kedokteran hewan? Lulusannya bisa kerja dimana? Pertanyaaan itu wajar muncul terkait dengan masa depan lulusan kedokteran hewan

Pemikiran soal peluang kerja lulusan kedokteran hewan yang cuma jadi dokter klinik itu salah besar. Justru lapangan kerja bagi lulusan kedokteran hewan sangat beragam dan punya prospek karier yang cemerlang. Penasaran? Artikel kali ini akan mengulas khusus prospek kerja menjanjikan lulusan kedokteran hewan

7 Peluang Kerja Lulusan Kedokteran Hewan


1. Praktik Dokter Hewan Mandiri


Tak hanya bekerja di klinik orang lain, kamu justru bisa membuka klinik hewan mandiri yang bisa d buka di kotamu atau di kota lain sesuai keinginanmu. Kamu tidak perlu pusing memikirkan aturan pemilik klinik hewan yang kamu tempati kerja, karena jika kamu buka klinik hewan secara mandiri, semua aturan ada di bawah kendalimu.

2. Perusahaan Swasta


Selain bisa membuka klinik hewan secara mandiri, kamu yang tidak suka berbisnis juga bisa bekerja di perusahaan swasta khususnya yang bergerak di bidang peternakan atau berhubungan dengan hewan. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di sektor industri pangan hasil dari peternakan yang bisa berupa makanan atau minuman.


3. Peneliti, Konsultan dan Pengajar


Selanjutnya kamu juga punya peluang kerja dengan prospek karier yang cemerlang dengan menjadi seorang peneliti, konsultan dan pengajar di sejumlah perguruan tinggi atau sekolah khusus.

4. Kepolisian dan TNI


Kamu juga punya kesempatan besar untuk bekerja di Kepolisian dan TNI dengan menjadi dokter bagi hewan pelacak yang ada di sana.

5. Wirausaha Bidang Agribisnis Peternakan


Kamu juga memiliki peluang kerja di bidang yang terkait dengan industri dan produksi dari hasil berbagai komoditi ternak.

6. PNS (Pegawai Negeri Sipil)


Kamu juga masih punya kesempatan untuk menjadi PNS di salah satu instansi baik pusat maupun daerah. Beberapa instansi membuka formasi bagi lulusan Kedokteran Hewan juga lho, jadi jangan khawatir ya.

7. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)


Terakhir, kamu juga punya peluang kerja di LSM bidang keprofesian dan pemberdayaan masyarakat
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)