Sutiyoso Dipastikan Gabung Timnas Amin, Bagaimana dengan JK dan Gatot Nurmantyo?

Kamis, 16 November 2023 - 13:29 WIB
loading...
Sutiyoso Dipastikan Gabung Timnas Amin, Bagaimana dengan JK dan Gatot Nurmantyo?
Gus Mahasin atau KH Nasirul Mahasin (kiri), Sudirman Said (tengah), dan Usama Abdul Aziz (kanan) saat konferensi pers di Rumah Perubahan, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/11/2023). Foto/Irfan Maulana
A A A
JAKARTA - Sejumlah tokoh dikabarkan bakal bergabung dalam Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ( Timnas Amin ). Salah satunya, mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso .

Bergabungnya tokoh-tokoh itu pun akan diumumkan pada Sabtu (18/11/2023) atau Minggu (19/11/2023). "Pak Sutiyoso insyallah bergabung, karena Pak Sutiyoso kan dewan pembina atau dewan penasihat Partai Nasdem dan beliau aktif sekali menghimpun teman-teman atau sahabat senior purnawirawan," ujar Co-Captain Timnas Amin, Sudirman Said, di Rumah Perubahan, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/11/2023).

Soal beberapa nama lainnya seperti Wapres ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK), mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo , dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Sudirman mengatakan ada beberapa pertimbangan tokoh tersebut tak masuk dalam Timnas Amin.

"Pak JK mungkin tidak bisa bergabung, karena beliau kan ketua PMI (Palang Merah Indonesia). Saya saja kan sebagai sekjen tahun lalu mengundurkan diri. Kita ingin menjaga netralitas PMI dan menjaga etik," katanya.

Sementara, Gatot Nurmantyo tidak bergabung dengan Timnas Amin karena memiliki kedudukan strategis di suatu organisasi. Sehingga, namanya tidak tercantum dalam Timnas Amin. "Tapi kami harap beliau mensupport dari belakang," kata Sudirman.

Bagaimana dengan Susi Pudjiastuti? "Kita nggak tau (bergabung atau tidak). Tapi dari sisi kecenderungan ke Koalisi Perubahan. Kami hormati itu," ucapnya.

Sudirman menuturkan bahwa Timnas Amin yang diumumkan beberapa hari lalu belum mencerminkan struktur resmi. Kata dia, kekuatan Timnas Amin banyak berasal dari berbagai elemen.

"Yang sudah tersebar baik tiga partai pendukung, dan partai yang belakangan masuk, partai baru. Dan elemen nonpartai, elemen keumatan, elemen santri, elemen buruh, elemen relawan politik, elemen petugas kesehatan, para kiai, para nyai, perempuan termasuk teman-teman milenial teman-teman usaha kecil," jelasnya.



Diketahui, saat ini terdapat 12 nama yang dinyatakan resmi bergabung dalam Timnas Amin. Berikut daftarnya:

Captain: Muhammad Syaugi Alaydrus

Co-captain 1: Sudirman Said
Co-captain 2: Thomas Trikasih Lembong
Co-captain 3: Al Muzzammil Yusuf
Co-captain 4: Nihayatul Wafiroh
Co-captain 5: Azrul Tanjung
Co-captain 6: Nasirul Mahasin
Co-captain 7: Leontinys Alpha Edison
Co-captain 8: Yusuf Muhammad Martak
Co-captain 9: Ki KRT H Lebdo Nagoro Anom Suroto (KI Anom Suroto)
Co-captain 10: Muhammad Jumhur Hidayat
Co-captain 11: Maksum Faqih
Co-captain 12: Suyoto
Sekjen: Novita Dewi
Bendahara: Gede Widiade
Tim Hukum Nasional: Ari Yusuf Amir.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)