Daftar Peraih Penghargaan Indonesia Museum Awards 2023, Ada Mooryati Soedibyo dan Sutiyoso

Minggu, 19 November 2023 - 00:14 WIB
loading...
Daftar Peraih Penghargaan Indonesia Museum Awards 2023, Ada Mooryati Soedibyo dan Sutiyoso
Komunitas Jelajah menggelar Indonesia Museum Awards (IMA) 2023. Ajang itu bertujuan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada museum dan tokoh permuseuman. Foto: MPI/Rifqi Herjoko
A A A
JAKARTA - Komunitas Jelajah menggelar Indonesia Museum Awards (IMA) 2023. Ajang itu bertujuan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada museum dan tokoh permuseuman Indonesia.

Indonesia Museum Awards 2023 digelar di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Sabtu (18/11/2023). Tema yang diangkat ajang Indonesia Museum Awards 2023 adalah “Museum Next”, yakni bagaimana museum ke depan mampu berinteraksi dengan masyarakat, sehingga
kebermanfaatannya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

Ketua Panitia IMA 2023, Musiana Yudhawasti, menjelaskan, acara kali ini merupakan edisi yang ke-12. Dia berharap Indonesia Museum Awards 2023 dapat membuat masyarakat semakin perhatian dengan museum di Indonesia.

"Kami berharap acara ini membuat masyarakat semakin mengenal dan cinta kepada museum. Acara ini merupakan upaya promosi terhadap museum-museum hebat yang ada di Indonesia," ujar Musiana kepada MNC Portal Indonesia (MPI).


IMA 2023 membagikan penghargaan dalam 11 kategori. Tiga kategori diberikan kepada perorangan, sedangkan delapan lainnya untuk museum-museum di Indonesia.

Pemenang kategori Museum Cerdas diraih oleh Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama. Kategori Museum Bersahabat dimenangkan oleh Museum Kebaharian Jakarta. Adapun kategori Museum Lestari dimenangkan oleh Museum Adityawarman.

Untuk kategori perorangan, penghargaan Tokoh Peduli Museum diberikan kepada Mooryati Soedibyo. Sementara Penghargaan Pengabdian Sepanjang Hayat diberikan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta Letjen Purn Sutiyoso. Terakhir, Anugerah Amir Sutaarga diberikan kepada Aries Zulkarnaen.

Berikut daftar lengkap peraih penghargaan Indonesia Museum Awards 2023:
1. Museum Cerdas: Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama
2. Museum Bersahabat: Museum Kebaharian Jakarta
3. Museum Lestari: Museum Adityawarman
4. Museum Inovatif: Museum & Galeri Satwa Liar Dunia Medan (Museum Rahmat)
5. Museum Kreatif: Museum Monumen Yogya Kembali
6. Museum Inspiratif: Museum Taruna Abdul Djalil Magelang
7. Museum Komunikatif: Museum Rumah Atsiri
8. Museum Unik: Museum Panji Malang

Tokoh Peduli Museum:
B.R.A. Mooryati Soedibyo

Pengabdian Sepanjang Hayat:
Letjen Purn Sutiyoso

Anugerah Amir Sutaarga:
Aries Zulkarnaen
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)