Begini Rasanya Berlatih Berjalan Dibantu Kaki Robot

Rabu, 08 November 2017 - 12:08 WIB
Begini Rasanya Berlatih Berjalan Dibantu Kaki Robot
Begini Rasanya Berlatih Berjalan Dibantu Kaki Robot
A A A
TOKYO - Selain membuat mobil, Honda sejak lama dikenal berinvestasi besar di teknologi robotik. Tidak hanya membuat robot humanoid seperti Asimo, ada sejumlah perangkat unik yang mereka kembangkan.

Salah satunya Honda Walking Assist Device (HWAD), yakni alat mobilitas untuk pejalan kaki. Alat tersebut dikembangkan sejak 1999 seiring dengan pengembangan Asimo. Tujuannya adalah untuk latihan atau terapi di bawah bimbingan dokter atau terapis.

Sejak 2013, HWAD sudah disewakan dan digunakan oleh 50 rumah sakit. Dua tahun kemudian, alat tersebut disewakan untuk umum, walau dibatasi untuk tujuan rehabilitasi medis.

Harga sewanya adalah 45.000 Yen (Rp5,4 juta) per-bulan dengan kontrak sewa 36 bulan (biaya termasuk perawatan berkala dan sesi training dengan dua peserta). Total ada 450 unit HWAD yang telah disewa.

SINDOnews berkesempatan untuk mencoba langsung HWAD yang berfungsi untuk membimbing dan melatih pengguna untuk dapat berjalan kaki secara efisien berdasarkan model pendulum terbalik (teori berjalan bipedal).

Begini Rasanya Berlatih Berjalan Dibantu Kaki Robot


Cara menggunakan “kaki robot” itu sendiri mudah. Alat dengan lebar 430 mm–495 mm dan berat 2,7 kg itu dipasang seperti sabuk atau tas pinggang dengan tuas yang terhubung ke bagian atas lutut. Setelah alatnya aktif, penulis pun mulai berjalan. Hmm... terasa sekali bagaimana paha terangkat lebih ringan saat melangkahkan kaki.

Motor penggerak bekerja otomatis menyesuaikan langkah pengguna. Tidak ada alat kontrol atau kendali apapun. Alat tersebut mampu memvisualisasikan pola jalan kaki setiap penggunanya.

Semakin terasa ketika penulis menaiki anak tangga. Jadi tidak berat dan lelah. Sebagai alat bantu terapi berjalan, SINDOnews sendiri tidak tahu efektivitasnya secara medis. Yang jelas, motornya tidak cukup kuat untuk menyangga kedua kaki. Bukan berarti orang yang tidak bisa berjalan lantas tidak perlu lagi memakai tongkat. HWAD masih memiliki keterbatasan.

Begini Rasanya Berlatih Berjalan Dibantu Kaki Robot


Namun fungsi HWAD lebih untuk melatih langkah kaki pengguna berulang-ulang untuk mengembalikan fungsi goyang dari kaki untuk perpindahan berat lebih lancar. Atau memengaruhi gerakan kaki berdasarkan pola jalan.

Untuk tenaganya, sekali pengisian daya HWAD dapat beroperasi selama 60 menit menggunakan baterai lithium-ion bertegangan 22,2V–1Ah dengan output torsi maksimal 4 Nm. Bisa dipakai di luar ruangan asal tidak hujan.

Setelah selesai dan dimatikan, HWAD Dapat dilepas dengan mudah, hanya perlu beberapa detik. SINDOnews merasa HWAD kedepannya masih terus dikembangkan lagi dengan fungsi yang lebih canggih.

Begini Rasanya Berlatih Berjalan Dibantu Kaki Robot
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9824 seconds (0.1#10.140)