Startup Gugur Tidak Melulu Karena Ketiadaan Investasi

Rabu, 08 November 2017 - 16:05 WIB
Startup Gugur Tidak Melulu Karena Ketiadaan Investasi
Startup Gugur Tidak Melulu Karena Ketiadaan Investasi
A A A
JAKARTA - Startup diyakini dapat mengubah wajah bisnis dan teknologi. Sayangnya di tengah gembar-gembor pertumbuhan bisnis digital, masih banyak startup yang menemui kegagalan.

Ada beberapa alasan yang membuat startup bisa jatuh ke dalam kegagalan. Tidak hanya melulu soal investasi, ada banyak faktor lain yang memengaruhi kegagalan.

"Sekitar 90% startup gagal karena kebanyakan ide dan tidak memiliki konsep yang pasti ketika terjun ke lapangan (industri)," ucap Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit-unit Usaha UI, Ismaniati Noerhadi, di Jakarta, Rabu (8/10/2017).

Lebih lanjut dikatakan, sekarang caranya mesti diubah. Jadi bagaimana caranya startup ini bisa mengenal industri yang ada terlebih dahulu. "Sekarang mereka (startup) itu harus berjualan dulu selama satu tahun untuk melihat kemampuan mereka. Setelah itu baru di inkubator diberikan arahan-arahan dari para ahli," paparnya.

Sebab biar bagaimanapun startup butuh dukungan dari industri. "Jadi tidak cukup kalau hanya ide saja," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Rektorat Universitas Indonesia (UI) meluncurkan program Perusahaan Startup Binaan Universitas Indonesia yang siap membina startup yang kreatif dan terjun ke dunia industri. "Di sini kami akan lakukan pembinaan, bagaimana mereka tidak hanya bikin produk. Tapi juga bagaimana mereka bisa memgemasnya menjadi sesuatu yang menarik mulai dari konten, marketing atau dari segi keuangan," tutur Ismaniati Noerhadi.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7490 seconds (0.1#10.140)