Luar Biasa! Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Sehatmu

Senin, 20 November 2023 - 15:30 WIB
loading...
Luar Biasa! Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Sehatmu
Manfaat vitamin C untuk tubuh sangat banyak. Satu di antaranya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Manfaat vitamin C untuk tubuh sangat banyak. Satu di antaranya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C atau asam askorbat adalah nutrisi penting yang tubuh manusia perlukan. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang berperan dalam banyak fungsi biologis.

Sayangnya, tubuh tidak mampu memproduksi dan menyimpan vitamin C sendiri. Karena itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan vitamin C harian dari asupan makanan. Caranya, dengan mengonsumsi makanan sehat atau meminum suplemen.

Asupan vitamin C yang cukup dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. Vitamin C tersedia dalam bentuk tablet, kaplet, bubuk, sirup dan suntik. Sebagai informasi, berikut manfaat vitamin C untuk tubuh yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Vitamin C untuk Tubuh





1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh


Manfaat vitamin C yang pertama adalah berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini membantu merangsang produksi dan aktivitas sel darah putih yang berperan dalam melawan infeksi dan penyakit. Tak hanya itu, Vitamin C juga bisa meningkatkan produksi antibodi, yaitu protein yang membantu melawan patogen yang masuk ke dalam tubuh.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka


Zat ini juga penting untuk produksi kolagen, yaitu protein yang merupakan komponen utama kulit, jaringan ikat, tulang dan pembuluh darah.

Kolagen membantu mempercepat penyembuhan luka dan mempertahankan integritas struktur tubuh. Tercukupinya asupan vitamin C bisa mengurangi risiko infeksi dan mempercepat pemulihan pasca operasi atau cedera.

3. Antioksidan


Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat kuat yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas (stres oksidatif). Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang bisa merusak sel-sel dan jaringan tubuh kita.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2578 seconds (0.1#10.140)