Penyebab dan Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Senin, 20 November 2023 - 17:17 WIB
loading...
Penyebab dan Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi
Mengatasi biang keringat pada bayi diperlukan pengetahuan yang mendalam. Foto/AladinMall
A A A
JAKARTA - Mengatasi biang keringat pada bayi diperlukan pengetahuan yang mendalam. Bunda harus tahu betul jenis dan tipe kulit bayi serta penyebab terjadinya biang keringat.

Biang keringat atau populer disebut keringat buntet adalah kondisi yang disebabkan oleh adanya penyumbatan pada saluran keringat. Gangguan kulit yang dalam bahasa medis disebut miliaria ini memicu timbulnya ruam bintil-bintil kecil kemerahan yang bisa menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman pada kulit.

Biang keringat lebih sering dialami oleh anak-anak. Paling sering terjadi ketika musim kemarau. Saat cuaca panas, tubuh akan memproduksi keringat sebagai respons untuk mendinginkan kulit.



Keringat tersebut seharusnya dikeluarkan melalui pori-pori, namun karena beberapa hal, pori-pori bisa mengalami penyumbatan sehingga keringat yang terperangkap memicu munculnya bintil-bintil kecil kemerahan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi biang keringat pada bayi tanpa menimbulkan efek samping?

Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Ada sejumlah cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi biang keringat pada si kecil. Salah satu yang paling umum dilakukan adalah menaburkan powder atau bedak bayi agar kulit si kecil kering dan tidak gatal.

Selain cara tersebut, Bunda juga bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Menjaga Kulit Bayi Tetap Sejuk

Salah satu cara mengatasi biang keringat pada bayi adalah mendinginkan kulit bayi yang terkena biang keringat menggunakan kain basah yang sejuk. Atau, bisa juga dengan cara memandikannya.

Setelah mandi, jangan lupa oleskan minyak telon. Sebab, minyak telon terbukti ampuh menghaluskan kulit bayi, memberi aroma memenangkan hingga melindungi dari gigitan nyamuk.

2. Gunakan Lotion dan Krim Sesuai Kebutuhan

Bila biang keringat yang dialami si kecil sangat parah, gunakan krim hidrokortison sesuai saran dokter. Disarankan untuk tidak menggunakan salep dan lotion jenis lainnya, karena dapat membuat ruam menjadi parah.

Biang keringat biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Namun, cara mengatasi biang keringat pada bayi di atas juga bisa Bunda coba sendiri di rumah.Segera temui dokter apabila biang keringat pada bayi disertai disertai demam lebih dari 38°C, sesak napas, ruam tidak hilang setelah lebih dari seminggu, tampak semakin parah, atau terinfeksi.

3. Hindari Udara Panas dan Lembab

Pindahkan si Kecil ke ruangan yang sejuk dan teduh. Jika Bunda menggunakan AC atau kipas angin, disarankan untuk tidak mengarahkan angin langsung ke tubuh si kecil.

Selain itu, apabila hendak keluar rumah, jangan lupa membawa kipas dan topi untuknya. Pastikan juga si kecil minum cukup air putih agar semua cairan yang hilang melalui keringat tergantikan.

4. Gunakan Pakaian yang Tidak Bikin Gerah

Salah satu bahan pakaian yang disarankan untuk bayi adalah katun. Hindari memakaikan pakaian dari kain sintetis seperti polyester dan nilon. Sebab, kain jenis ini menyebabkan hawa panas terperangkap.

Selain itu, berikan pakaian yang longgar kepada si kecil, atau sesekali biarkan si kecil tanpa pakaian dan popok selama beberapa waktu.

5. Hindari Terlalu Sering Menggendong Bayi

Menggendong bayi ketika cuaca panas tidak disarankan apabila ingin mengatasi biang keringat pada bayi. Ketika digendong, si kecil harus berhadapan dengan dua sumber panas, yaitu cuaca dan suhu tubuh Bunda. Jika ingin menggendong saat cuaca panas, pakaikan bayi baju yang ringan, lembut dan menyerap keringat.

6. Kurangi Sentuhan Kulit ke Kulit

Jangan terlalu sering memegang bayi saat gejala biang keringat terjadi. Sebab, kulit bayi akan semakin panas saat bersentuhan langsung dengan kulit ibu, apalagi ditambah suhu ruangan yang lembab.

7. Mandi Pakai Air Hangat

Mandi air hangat efektif mengurangi penyebaran biang keringat. Tapi ingat, perhatikan suhu air yang digunakan. Jika terlalu panas, justru memicu keluarnya keringat. Sebaiknya atur suhu agar bayi dapat mandi dengan nyaman. Jangan lupa untuk membersihkan permukaan dan lipatan kulit.

Itulah tujuh cara mengatasi biang keringat pada bayi. Dapatkan produk perawatan bayi berkualitas dengan harga murah di AladinMall. Nikmati pula fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lain dengan cara men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2110 seconds (0.1#10.140)