alexa snippet

Penjualan Samsung Melempem di Pasar China Akibat Digempur Vendor Lokal

Penjualan Samsung Melempem di Pasar China Akibat Digempur Vendor Lokal
Ilustrasi pangsa pasar ponsel pintar dii China. Foto/ajia5.wordpress
A+ A-
SEOUL - Berdasarkan data yang dikeluarkan Strategy Analytics, diprediksi pangsa pasar smartphone di China akan mengalami penurunan. Setidaknya di kuartal keempat tahun ini akan turun di bawah 2%.

Di tengah merosotnya pasar, Samsung sendiri diyakini hanya akan bercokol di posisi sembilan. Selain itu, penjualannya diprediksi turun menjadi 1,6% pada Januari 2018.

Samsung sebenarnya sempat menjadi pabrikan yang mendominasi pasar smartphone China. Puncaknya, perusahaan asal Korea Selatan ini pernah meraih 20% pangsa pasar pada 2015 di China.

Penurunan ini diperkirakan karena para vendor lokal seperti Huawei, Oppo, Vivo dan Xiaomi berhasil menarik simpati konsumen sehingga menggerus pelanggan Samsung. “Tampaknya hampir tidak mungkin Samsung meningkatkan pasar ponsel pintar di China yang dikepung oleh perusahaan lokal dengan produk berkualitas. Selain itu harga vendor lokal juga sangat terjangkau,” kata Lee Byung-Tae, profesor di Kaist College of Business, dikutip dari SamMobile, Selasa (14/11/2017).

Diketahui Samsung telah memangkas 20.000 pekerjanya di China di tengah penjualan perangkatnya yang melemah seperti dilaporkan The Herald Korea. Sebagai solusinya, Samsung telah memilih kepala unit barunya di China yang dinilai mampu mengembalikan posisi perusahaan di pasar smartphone.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top