alexa snippet

Giliran Bocah 10 Tahun Jebol Sistem Keamanan Face ID di iPhone X

Giliran Bocah 10 Tahun Jebol Sistem Keamanan Face ID di iPhone X
Fitur keamanan iPhone X diduga mudah dibobol siapapun. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Fitur keamanan Face ID yang dibenamkan oleh Apple ke dalam iPhone X kembali dipertanyakan tingkat keamanannya. Setelah dibobol oleh topeng buatan, kini seorang bocah berusia 10 tahun bisa menembus keamanan Face ID sehingga bisa mengoperasikan ponsel terbaru Apple milik ibunya.

Disitat dari PhoneArena, berdasarkan poling yang dilakukan terkait keamanan Face ID, mayoritas pembaca yang berpartisipasi menyatakan ketidakpercayaannya. Rendahnya tingkat kepercayaan itu bisa dilihat dari sebuah video yang dibuat oleh pemilik Apple iPhone X.

Dalam video itu terungkap bahwa seorang anak bisa mengoperasikan iPhone X milik ibunya yang sudah terlindung dengan Face ID. Menurut Apple, berdasarkan data yang mereke miliki apa yang dilakukan si anak adalah kejadian 1:1 juta. Tapi walau bagaimana pun ini adalah kegagalan Apple dalam menjamin efektivitas Face ID di handset terbarunya. (Baca juga: Sistim Keamanan Face ID pada iPhone X Bisa Dijebol)

Pihak Apple menyatakan, anak-anak di bawah usia 13 tahun memiliki potensi lebih besar untuk mengakali fitur Face ID-nya. "Karena fitur wajah mereka yang mungkin belum sepenuhnya berkembang (sehingga mirip orang tuanya)," sangkalnya.

Beberapa hari yang lalu, diberitakan firma keamanan Vietnam, Bkav juga berhasil membobol sistim keamanan iPhone X dengan menggunakan topeng yang mereka kembangkan. Topeng seharga USD150 dibuat dari pencetakan 3D, makeup, gambar 2D dan pemrosesan khusus di pipi. Perusahaan keamanan mengatakan, sidik jari adalah bentuk perlindungan biometrik yang superior bagi pemilik smartphone dibandingkan keamanan pengenalan wajah.

Sayangnya pihak Apple sepertinya mengabaikan kelemahan ini. Karena ada pembicaraan bahwa ketiga model iPhone 2018 akan menampilkan Face ID.

(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top