Ini Cara Agar Jangkauan WiFi Lebih Jauh dan Aman

Kamis, 16 November 2017 - 08:00 WIB
Ini Cara Agar Jangkauan WiFi Lebih Jauh dan Aman
Ini Cara Agar Jangkauan WiFi Lebih Jauh dan Aman
A A A
JAKARTA - Periset di Dartmouth University di Hanover, New Hampshire, Amerika Serikat, telah menemukan cara meningkatkan jangkauan nirkabel dan keamanan WiFi. Caranya tak sulit, hanya membentuk cetakan 3D berlapis aluminium foil.

Proyek yang muncul di Eurekalert itu menempatkan reflektor di sekitar antena router WiFi untuk membentuk balok. Hal ini diklaim meningkatkan jangkauan dan mencegah sinyal melewati ruang yang tidak diinginkan.

EurekAlert adalah situs yang berisikan direktori dari situs-situs permainan anak di seluruh dunia. "Dengan investasi sederhana yakni sekitar USD35, reflektor nirkabel dapat dibuat khusus untuk mengungguli antena yang harganya ribuan dolar," kata Xia Zhou, Asisten Profesor Dartmouth seperti ditulis Techcrunch, Rabu (15/11/2017).



Dalam makalahnya, Zhou dan rekan-rekannya menguji beberapa gaya antena terarah dan juga menguji solusi anekdotal yang melibatkan pelekatan soda di balik router guna membentuk gelombang radio ke sasaran. Setelah beberapa literasi, mereka akhirnya dapat menciptakan bentuk khusus demi meningkatkan penerimaan sinyal WiFi di ruangan tertentu.

Mereka kemudian membuat sebuah program yang disebut WiPrint, yakni 3D cetak yang membentuk balok untuk meningkatkan jangkauan dan keamanan WiFi yang lebih baik. Setelah dicetak, yang Anda lakukan hanya menutupinya dengan aluminium foil.

Tim menemukan bahwa reflektor mereka dapat secara akurat membentuk balok WiFi guna menghindari beberapa ruang dan mendukung penyebaran sinyal ke ruangan lain. Misalnya, Anda bisa membentuk balok untuk menghindari keluar jendela ke jalan tapi lebih kuat di ruangan di dekatnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8856 seconds (0.1#10.140)