Avhero Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Diperkenalkan

Kamis, 16 November 2017 - 00:03 WIB
Avhero Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Diperkenalkan
Avhero Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Diperkenalkan
A A A
BANDUNG - Institut Teknologi Nasional (Itenas) meluncurkan mobil listrik crossover bernama Avhero berkapasitas lima orang penumpang di Kampus Itenas, Kota Bandung, Rabu (15/11/2017).

Mobil yang masih dalam bentuk purwarupa itu merupakan hasil karya mahasiswa dan dosen Itenas bekerja sama dengan pabrikan motor elektrik Betrik dan dukungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) Pendidikan Tinggi (Dikti).

Purnarupa Evhero berwana pink dengan desain eksterior stylist. Pintu Avhero dibuat terbuka ke atas, layaknya mobil premium. Yang menarik, mesin Avhero menggunakan motor BLDC dengan daya 50 kWP putaran 3000-4800 RPM.

"Avhero menggunakan baterai dengan daya 72 volt. Di mana pengisian baterai selama satu jam bisa untuk berkendara selama dua jam dengan kecepatan standar," kata Head of Research Team Avhero T Kristyadi.

Menurut dia, Avhero crossover dapat berakselerasi dari 0 hingga 70 kilometer dalam lima detik. Mobil ini melaju dengan kecepatan maksumum 70 km/jam. Dia pun mengaku, Avhero telah di ujicobakan berjalan di jalanan Kota Bandung sepanjang beberapa kilometer.

"Untuk mesin kami menggunakan teknologi terbaru diimpor dari China. Teknologi ini disesuaikan dengan Avhero sendiri yang merupakan mobil crossover untuk berjalan di medan berat. Sehingga performa mesin tetap bagus," beber dia.

Walaupun demikian, dia mengaku Avhero perlu beberapa penyempurnaan untuk bisa diproduksi massal. Penyempurnaan terutama pada baterai, mesin, dan motor listrik. Namun secara umum mobil tersebut telah melewati sejumlah uji coba seperti aerodinamik dan kecepatan mesin.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9416 seconds (0.1#10.140)