Merasa Haus Terus-menerus? Bisa Jadi Gejala Penyakit Ini

Rabu, 22 November 2023 - 19:15 WIB
loading...
Merasa Haus Terus-menerus? Bisa Jadi Gejala Penyakit Ini
Merasa haus terus-menerus bisa menjadi gejala dari penyakit diabetes. Ini karena ketika kadar gula darah meningkat, tubuh mencoba menghilangkan kelebihan gula. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Merasa haus terus-menerus bisa menjadi gejala dari penyakit diabetes . Ini karena ketika kadar gula darah meningkat, tubuh mencoba menghilangkan kelebihan gula dengan mengeluarkannya melalui urine.

Dilansir dari Times of India, Rabu (22/11/2023) namun proses ini juga menyebabkan hilangnya air.

Akibat kehilangan ini, penderita diabetes akan mengalami dehidrasi ringan dan merasa haus. Selain itu, peningkatan kadar gula darah disebut sebagai hiperosmolaritas.

Di sini, pasien mengalami rasa haus sebagai akibat dari upaya tubuh untuk menahan lebih banyak air di dalam darah.



“Pasien dengan peningkatan gula darah yang tidak memenuhi kriteria diabetes disebut penderita pra-diabetes. Mereka tidak memenuhi kriteria diabetes meskipun berada di atas rata-rata,” kata Konsultan Diabetolog & HOD Geriatric Medicine Anu Gaikwad.

“Ketika kadar gula darah meningkat pada pra-diabetes, tubuh kita mencoba menghilangkan kelebihan gula dengan membuangnya melalui urine. Namun, ini juga melibatkan komponen kehilangan air,” sambungnya.

Biasanya rasa haus karena diabetes tidak terbatas pada rasa haus yang berlebihan, tapi sering buang air kecil, atau penglihatan kabur.

Jika pra-diabetes tidak diobati, penyakit ini dapat berkembang menjadi diabetes tipe 2 dan menyebabkan masalah pada ginjal, pembuluh darah, mata, dan saraf.



Anda mungkin juga merasa haus terus-menerus dan perasaan kering terus-menerus yang tidak hilang tidak peduli berapa banyak air yang Anda konsumsi.

Buang air kecil yang teratur dan rasa haus yang terus-menerus dapat menyebabkan gangguan pada jadwal tidur dan rutinitas sehari-hari.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)