Qualcomm, ZTE, China Mobile Klaim Sukses Selesaikan Jaringan 5G

Sabtu, 18 November 2017 - 20:00 WIB
Qualcomm, ZTE, China Mobile Klaim Sukses Selesaikan Jaringan 5G
Qualcomm, ZTE, China Mobile Klaim Sukses Selesaikan Jaringan 5G
A A A
JAKARTA - Qualcomm, ZTE, dan China Mobile mengumumkan telah berhasil menyelesaikan sistem jaringan 5G New Radio end-to-end pertama di dunia, Jumat (17/11/2017).

Sistem ini memungkinkan data berjalan pada kecepatan multi-gigabit per detik (> 1 Gbps) dengan latency di bawah 4ms. Jika dikomparasi dengan latency 20ms yang merupakan standar untuk jaringan LTE saat ini.

Sistem ini didasarkan pada standar 3rd Generation Partnership Project (3GPP). Kelompok tersebut terdiri dari perusahaan telekomunikasi yang menetapkan standar untuk jaringan dan peralatan 3G, 4G, dan pengembangannya.

Untuk pengujian, phonearena menyebutkan, peralatan yang digunakan termasuk stasiun base pra-komersial ZTE's 5G New Radio, prototipe New Radio sub-jenis Qualcomm 5GHz 6GHz, dan data dikirim melalui pita 3,5 GHz yang menggunakan bandwidth 100 MHz.

Jaringan 5G ialah evolusi dari jaringan internet cepat 4G LTE yang saat ini banyak dimanfaatkan di smartphone. Ke depan, jaringan 5G bakal menawarkan internet nirkabel lebih cepat untuk berbagai keperluan di luar internet mobile, misalnya internet rumahan.

Menurut PCMag, kecepatannya setara 500 megabytes per second sehingga kita bisa mengunduh game berkapasitas 50 GB hanya dalam waktu kurang dari 2 menit. Bahkan pengguna juga bisa mengunduh film beresolusi 4K dengan volume 100 GB kurang dari empat menit.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5463 seconds (0.1#10.140)