Inggris Bakal Miliki Kereta Cepat Bertingkat

Senin, 20 November 2017 - 07:30 WIB
Inggris Bakal Miliki Kereta Cepat Bertingkat
Inggris Bakal Miliki Kereta Cepat Bertingkat
A A A
LONDON - Pemerintah Inggris tengah mewujudkan operasional kereta cepat bertingkat untuk sejumlah jalur sibuk. Hal ini menjadi solusi bagi transportasi kereta di Inggris yang dinilai sudah terlalu padat. Pemerintah masih mencari investor untuk membiayai proyek kereta tingkat yang akan mulai diproduksi pada 2020. Salah satu desain kereta cepat tingkat yang dipertimbangkan adalah Aeroliner 3000 rancangan Andreas Vogler Studio dan The German Aerospace Center (DLR).

Aeroliner 3000 merupakan pemenang kompetisi rancangan desain kereta cepat bertajuk Tomorrow's Train Design Today yang digelar oleh Rail Safety and Standards Board bermitra dengan Kementerian Transportasi Inggris beberapa waktu lalu. Desain Aeroliner 3000 juga menjuarai Red Dot: Design Concept 2017.

Menurut Vogler, apabila Aeroliner3000 berhasil mendapatkan pembiayaan bersama, maka pada 2020 kereta tersebut akan segera terwujud. “Kita berharap membawa desain purwarupa kereta itu ke Inggris pada tahun ini,” ujarnya dilansir Daily Star.

Tahun lalu, Vogler memamerkan purwarupa gerbong kereta tingkat dengan panjang sembilan meter dalam Innotrans 2016 di Berlin. Innotrans merupakan pameran internasional terbesar di dunia untuk industri kereta api.

Aeroliner3000 mampu melaju dengan kecepatan 402 km per jam. Itu sama saja dengan dua kali lipat kecepatan kereta Virgin Trains. Kereta ini dapat menampung 1.400 penumpang di dua lantainya. Hal ini akan meningkatkan kapasitas penumpang hingga 30% dibandingkan kereta umumnya yang sekarang beroperasi di Inggris.

Tinggi Aeroliner3000 sudah disesuaikan dengan karakter infrastruktur di sekitar lintasan kereta api di Inggris. Meski terdiri atas dua lantai, kereta ini tetap dapat melalui jempatan yang rendah dan melintasi terowongan bawah laut pada jaringan kereta api Inggris. Dengan begitu, kereta ini dapat langsung melaju di rel kereta yang saat ini sudah ada.

Vogler mengungkapkan bahwa visi futuristik dalam benaknya akan terwujud dalam realitas kereta api tingkat dalam beberapa bulan mendatang.

“Desain kereta kita adalah mewujudkan kereta seperti pesawat kelas bisnis. Kereta dengan ruang kecil, tetapi kualitas tinggi,” ujar Vogler. “Kita juga mengombinasikan dengan pencahayaan OLED/LED untuk mendukung desain interior ruangan,” imbuhnya.

Sebagaimana dilansir Railway News, Aeroliner memiliki banyak fitur pintar dan interaktif yang akan memanjakan penumpang sepanjang perjalanan.Antara lain temperatur dan pencahayaan jendela yang dapat diatur sendiri oleh penumpang. Desain interiornya disebut mirip dengan desain jet pribadi, mobil mewah dan helikopter. Gerbong kereta tingkat untuk bawah memiliki komposisi kursi 2-2 sedangkan lantai atas 2-1 kursi.

“Kami mendesain kereta yang memperhatikan aspek psikologis sehingga memberikan kenyamanan bagi penumpang bisa mengontrol lingkungan di sekitarnya,” ujar Vogler.

Selain mengutamakan kenyamanan, desain Aeroliner 3000 pun memperhatikan efisiensi serta mengurangi emisi gas CO2. Konsepnya adalah kereta inovatif dengan desain ultra ringan dengan menggunakan material konstruksi pesawat.

“Dalam dunia penerbangan, berat yang ringan adalah prioritas utama,” jelas Vogler. Bobot konstruksi yang ringan ini diprediksi bisa memicu perubahan dalam dunia perkeretaapian karena kereta umumnya identik dengan berat sebab materialnya didominasi besi.

Mewujudkan konsep pesawat ke kereta api memang banyak tantangan. Dalam desain pesawat, faktor keselamatan dan desain menjadi hal yang sensitif. Selain itu, faktor konsumsi energi dan kenyamanan penumpang juga menjadi perhatian. “Kita ingin mewujudkan semua faktor itu dalam memproduksi Aeroliner 3000,” pungkas Vogler.

Inggris sedang getol membangun jaringan baru kereta api cepat untuk mengatasi kepadatan penumpang di berbagai rute. Dimulai dengan proyek High Speed 1 yang dimulai November 2017 dan saat ini High Speed ??2 (HS2) antara London, West Midlands dan North. Tahap I HS2 akan menghubungkan London ke Birmingham, sedangkan fase kedua berbentuk Y akan menghubungkan Crewe ke Manchester dan West Midlands ke Leeds. Saat kedua fase selesai pada 2033 akan ada 350 mil jalur baru kereta api.

"Kami berpikir ini adalah saat untuk menciptakan sesuatu yang sama sekali baru dan berbeda. Saya yakin kita dapat menciptakan efek wow yang diinginkan HS2 ini,” kata Direktur HS2 Henrik Anderberg dalam sebuah pertemuan dengan Alstom, salah satu pemain dalam sistem transportasi terintegrasi yang bermarkas di Prancis. Alstom juga mengusulkan konsep kereta cepat bertingkat kepada pemerintah Inggris.

Anderberg sepakat bahwa kereta tingkat menjadi solusi bagi volume penumpang yang akan terus meningkat. Dia memprediksi bahwa jumlah penumpang kereta api di Inggris akan berlipat ganda dalam 25 tahun ke depan. (Andika Hendra)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6932 seconds (0.1#10.140)