Setelah Dijajal, Inilah Ketangguhan Truk Pendatang Baru dari Hyundai

Rabu, 22 November 2017 - 22:06 WIB
Setelah Dijajal, Inilah Ketangguhan Truk Pendatang Baru dari Hyundai
Setelah Dijajal, Inilah Ketangguhan Truk Pendatang Baru dari Hyundai
A A A
BOGOR - Bertenaga dan mudah dikendalikan. Inilah kesan yang dirasakan SINDOnews saat berkesempatan menjajal truk pendatang baru di industri nasional, All New Hyundai Mighty.

Selain All New Hyundai Mighty, PT Hyundai Oto Komersial Indonesia (HOKI) selaku APM Hyundai Truck dan Bus di Indonesia juga memberikan kesempatan kepada awak media mengetes kemampuan Hyundai Xcient di proyek perumahan Citra Indah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/11/2017).

Medan yang diproyek ini memang tidak begitu berat mengingat permukaan jalan terbilang sudah rata dengan aspal. Namun yang menjadi catatan adalah experience yang didapat SINDOnews, bahwa All New Hyundai Mighty memang tangguh dan bertenaga.

Sesuai dengan fungsinya, kendaraan yang masuk kategori Light Duty Cargo Truck ini diisi muatan dengan bobot yang sangat berat. Dengan kapasitas angkut enam ton, All New Hyundai Mighty sengaja dibekali dengan beban yang melebihi kapasitas. Saat dijajal, total muatan truk mencapai 8 ton berupa tumpukan sak semen.

Namun Mighty mampu menggilas rintangan tanpa halangan berarti. Dengan tenaga yang dimiliki, truk mampu berjalan mulus menggilas medan yang datar.

Selanjutnya, tim membawanya ke medan menurun yang cukup curam. Meski berukuran cukup besar, di sini mobil masih dapat dengan mudah dikendalikan.

Terlebih Hyundai telah menyematkan sistem cruice control yang dapat menahan laju kendaraan. Ketika digunakan di jalan menurun, fitur itu dirasakan sangat membantu karena laju kendaraan langsung berkurang dan tetap stabil. Dengan begitu pengemudi hanya cukup mengontrol arah truk saja.

Begitu dihajar ke medan yang menanjak, All New Hyundai Mighty ternyata masih cukup tangguh. Ketika menggunakan gigi dua, truk masih mampu menanjak dengan nyaman meskipun beban yang dibawa melebihi kapasitas.

Di sini tim mencoba mengopernya ke gigi satu sesuai untuk medan menanjak. Hasilnya truk dapat menggilasnya dengan lebih bertenaga lagi.

Sayangnya ketika kembali di oper ke gigi dua, respons yang diantarkan agak sedikit lambat. Meski begitu Mighty tetap mampu menyelesaikan tanjakan dengan nyaman.

Sebagai informasi, Mighty sendiri dirancang khusus agar memiliki durability tinggi dengan penguatan khusus pada sasis serta powertrain. Mesin dieselnya kompatibel dengan standar emisi Euro II sehingga diklaim sesuai dengan solar yang ada di Indonesia.

Truk tersebut ditargetkan untuk perusahaan ekspedisi, hasil bumi, tambang pasir, instansi pemerintah, dan UKM. Nilai jual lainnya dari All New Hyundai Mighty adalah ukurannya paling lebar di kelasnya (2,028 mm). Sedangkan posisi mengemudi juga sangat nyaman berkat fitur tilt and telescopic pada setir.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7837 seconds (0.1#10.140)