Daihatsu Bidik Ceruk Pasar SUV Medium

Sabtu, 25 November 2017 - 09:08 WIB
Daihatsu Bidik Ceruk Pasar SUV Medium
Daihatsu Bidik Ceruk Pasar SUV Medium
A A A
JAKARTA - Daihatsu membidik ceruk pasar kendaraan utilitas sport (sport utility vehicle/SUV) kelas medium yang cukup potensial. Hal itulah yang membuat Daihatsu meluncurkan All New Terios, wajah baru SUV medium andalan Daihatsu.

“Penjualan automotif meningkat pesat sejak 10 tahun belakangan ini. Sejak 2006 hingga 2016, penjualan naik tiga kali lipat, dari sekitar 300.000 menjadi 1,06 juta unit pada 2016. Kendaraan SUV medium juga meningkat dari hanya berkontribusi 2% pada 2006, menjadi 11% pada 2016, kenaikan itu tidak lepas dari hadirnya mobil kolaborasi Daihatsu Terios dan Toyota Rush,” tutur Vice President Director ADM Sudirman MR dalam keterangan tertulisnya kemarin.

Sudirman menjelaskan, sejak diluncurkan pada 2006, Terios sudah mengalami tiga kali perubahan minor, yakni pada 2010, 2013, dan 2015. Kini, setelah satu dekade hadir di Tanah Air, SUV medium berkapasitas tujuh penumpang itu berubah drastis dengan desain baru yang mengedepankan kebutuhan konsumen Indonesia.

“All New Terios sangat cocok untuk mereka yang aktif dalam beragam aktivitas. Mulai dari mobilitas harian hingga aktivitas berpetualang pada akhir pekan. Mesinnya baru dengan konsumsi BBM yang lebih irit, tetapi tetap optimal,” ujar dia.

All New Terios tampil dengan banyak fitur baru. Mesin yang diusung adalah Dual VVT-I 1.5L, lebih efisien 10–15% dari varian sebelumnya serta mudah dalam perawatan. Ruang kabin dan bagasi makin luas, terutama setelah tidak lagi disematkan ban serep di bodi belakang, seperti di varian lama.

Dia menjelaskan, All New Terios semakin nyaman dengan beberapa fitur tambahan, seperti adanya fitur menyalakan mesin dengan satu tombol atau New Start Stop Button di tipe R. Lalu, Tilt Steering di mana pengemudi bisa mengatur ketinggian kemudi, dan adanya New Digital Auto AC sehingga pengendara bisa lebih mudah mengatur pendingin ruang kabin. Belum lagi adanya kamera monitor yang memantau kondisi parkir di sejumlah sudut, termasuk dari atas mobil.

Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Supranoto menambahkan, dengan banyaknya tambahan fitur di Terios terbaru, harga jual Terios hanya naik sekitar Rp3 juta hingga Rp4 juta dari harga Terios sebelumnya.

Berdasarkan catatan media ini, harga Terios sebelumnya (OTR Jakarta) mulai dari varian terendah (Terios X MT) hingga varian tertinggi (Terios R AT Adventure) adalah Rp195,2 juta hingga Rp252 juta.

Supranoto memperkirakan, All New Terios akan terjual sekitar 2.000 unit per bulan dan mulai didistribusikan ke konsumen pada Januari 2018. “Saat ini sudah bisa dipesan,” tambah dia.

Pada kesempatan itu, Presiden Daihatsu Motor Co Ltd Soichiro Okudaira menjelaskan, sejak memulai debutnya di publik pada 2007 hingga saat ini, Terios bersama Rush telah terjual sekitar 450.000 unit. “SUV medium dengan kapasitas tujuh penumpang itu tidak diragukan lagi sebagai produk yang cocok untuk masyarakat Indonesia. Ini merupakan evolusi Terios,” katanya.

Menurut dia, kondisi pasar automotif di Indonesia sangat menantang. Namun, ternyata Daihatsu masih bisa berada di nomor dua di pasar automotif Indonesia. “Kita harap bisa menjaga momentum dan menutup 2017 dengan tetap pada posisi nomor dua,” tambahnya.

Menurut dia, dalam delapan tahun berturut-turut, Daihatsu terus bertahan pada urutan kedua penjualan automotif Indonesia.

Saat ini, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari hingga Oktober 2017, dari total penjualan keseluruhan (wholesales) automotif nasional sebanyak 898.163 unit, Daihatsu mencetak penjualan 156.993 unit dengan pangsa pasar 17,5%. (Hatim Varabi)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7962 seconds (0.1#10.140)