Sumber Daya Manusia Jadi Salah Satu Penyebab Gagalnya Transformasi Digital

Rabu, 29 November 2017 - 23:02 WIB
Sumber Daya Manusia Jadi Salah Satu Penyebab Gagalnya Transformasi Digital
Sumber Daya Manusia Jadi Salah Satu Penyebab Gagalnya Transformasi Digital
A A A
JAKARTA - Transformasi Digital jadi hal yang terus digaungkan ditengah tingginya penetrasi internet di Indonesia. Pasalnya mau tidak mau transformasi digital harus dilakukan bila perusahaan tidak ingin tertinggal.

Sayangnya hal ini justru membuat banyak perusahaan salah kaprah dalam menerapkannya. Lalu apa yang sebenarnya membuat transformasi digital tidak berjalan dengan baik.

Dalam hal ini Dave Lim sebagai salah satu pembicara di seminar Corporate Innovation Summit 2017 mengungkapkan ada gal yang sebenarnya seringkali dilupakan saat perusahaan melakukan transformasi digital.

"Teknologi itu sebenarnya mudah tapi yang seringkali menghambat kemajuan teknologi itu sebenarnya sumber daya manusia (SDM) itu sendiri. Jadi dalam melaksanakan transformasi digital tentu SDM nya dulu yang perlu diuba," ujar Dave, di Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Sementara itu, Stuart Llyod melihat dari sisi psikologi ada beberapa sebab yang mungkin SDM itu sendiri tidak bisa menerimanya. Hal ini tentu akan berdampak terhadap tim dan kinerja perusahaan.

"Sayangnya ketika mereka ingin berubah mereka tidak bisa melakukannya. Karena ada beberapa orang yang memang tidak mugkin melakukan nya karena latar belakang dari org itu sendiri," jelasnya.

Transformasi digital sendiri merupakan upaya melakukan perubahan mendalam atas proses, kompetensi dan model dari sebuah bisnis atau organisasi dalam rangka memanfaatkan daya ungkit yang dihasilkan oleh penerapan teknologi digital.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0532 seconds (0.1#10.140)