alexametrics

Nikmati 7 Liter Berkeliling Bali dengan Nissan

loading...
Nikmati 7 Liter Berkeliling Bali dengan Nissan
Nikmati 7 Liter Berkeliling Bali dengan Nissan. (Koran SINDO. Ratman Suratman).
A+ A-
DENPASAR - Nissan Indonesia berhasil membuktikan hanya dengan mengandalkan tujuh liter bensin di Nissan Grand Livina, Anda bisa berkeliling Bali.

Bagaimanakah perjalanannya? Pernahkah Anda membayangkan jika tangki bensin mobil Anda hanya tersisa 7 liter bensin? Umumnya dengan jumlah bensin seadanya seperti itu banyak orang akan mengisi ulang bensin agar bisa melanjutkan perjalanan.



Sebagian lainnya, meski tidak umum, mencoba-coba seberapa jauh jarak yang ditempuh dengan jumlah bensin tersebut. Tantangan inilah yang diberikan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) kepada sejumlah konsumen dan jurnalis di kompetisi “Tantangan 7 Liter Livina” yang diselenggarakan di Bali beberapa waktu lalu.

Pada kompetisi “Tantangan 7 Liter Livina”, para peserta mengendarai Grand Livina hanya dengan 7 liter bensin untuk menjelajahi destinasi populer di Bali, dimulai dari dealer Nissan-Datsun Gianyar, melewati Candidasa dan Bali Safari Marine Park, lalu berakhir di Pantai Balangan. Jarak tempuh rata-rata keseluruhan 136 kilometer.

Berbeda dengan “Tantangan 7 Liter Livina” sebelumnya yang dilakukan di Bandung-Jakarta dan Madiun-Yogyakarta dengan dua kategori AC dan non-AC.

Di Bali, “Tantangan 7 Liter” hanya tersedia satu kategori AC. Berangkat dari dealer Nissan-Datsun Gianyar, total ada 11 mobil Nissan Grand Livina yang turut serta di “Tantangan 7 Liter Livina Bali” ini.

Perjalanan berkeliling Bali memiliki rute yang variatif. Perjalanan dari dealer Nissan Gianyar menuju monumen Puputan didominasi jalan mulus dengan banyak persimpangan. Perjalanan jadi menarik saat menuju Candidasa. Rute menuju Candidasa mulai dipenuhi dengan tanjakan dan turunan, serta truk-truk yang memperlambat gerak rombongan Nissan Livina.

Dari Candidasa, perjalanan dilanjutkan ke arah Denpasar dengan kondisi jalan yang lancar dan landai. Perjalanan ke arah Tol Bali Mandara jadi tantangan yang menarik karena cuaca sudah tidak bersahabat. Hujan lebat menyebabkan rute yang dilalui menjadi banjir dan macet.

Tentunya keadaan ini membuat jantungan para awak media karena kondisi ini jelas akan menguras bensin yang hanya 7 liter itu. Setelah berhenti di Garuda Wisnu Kencana (GWK), hujan masih terus mengguyur Bali. Alhasil, perjalanan menuju titik terakhir Pantai Balangan jadi semakin berat.

Jarak dari GWK menuju Pantai Balangan memang hanya mencapai 7 kilometer. Namun, setiap saat kehabisan bensin jadi ancaman. Menariknya Nissan Livina yang dikendarai peserta berhasil menyelesaikan tantangan ini hingga titik terakhir.

Dari hasil pengukuran diketahui konsumsi terbaik Nissan Livina kategori media diperoleh oleh Jeffry dan Rizki dengan konsumsi bahan bakar 20,7 kilometer per liter. Untuk kategori konsumen diraih konsumsi bahan bakar 20,8 kilometer per liter yang diraih oleh pasangan Gede dan Edi dari Denova Tour and Travel.

Jeffry dari Viva.co.id mengatakan bisa menang setelah menggunakan sejumlah taktik seperti pelan dalam menginjak pedal gas. “Saya juga jarang melakukan pengereman, bahkan sering mau nyundulnyundul dan sering menggunakan persneling netral,” ujarnya.

Duta Nissan, Joe Taslim, yang ikut serta dalam tantangan ini juga mencapai hasil yang bagus, yaitu 1:16. Ia berkendara dengan 2 rekannya. Ia mengakui Grand Livina sangat irit.

“Dengan berkendara yang sabar dan strategi bagus, kita bisa berkendara efisien dan peduli dengan lingkungan,” ujarnya. Hasil ini diapresiasi positif oleh Nissan.

Menurut mereka, Nissan Livina masih jadi MPV yang dapat diandalkan masyarakat Indonesia. “Grand Livina terkenal dengan kenyamanannya saat berkendara. Ini berkat dukungan dari teknologi Xtronic CVT yang dapat menghemat konsumsi bahan bakar tanpa harus mengorbankan performa kendaraan,” kata Eiichi Koito, President Director PT Nissan Motor Indonesia. (Wahyu Sibarani/Ratman)

 
(nfl)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak