Teroris Terdeteksi Ciptakan Robot Pintar untuk Menyerang

Jum'at, 01 Desember 2017 - 14:22 WIB
Teroris Terdeteksi Ciptakan Robot Pintar untuk Menyerang
Teroris Terdeteksi Ciptakan Robot Pintar untuk Menyerang
A A A
LONDON - Tak hanya Rusia, Amerika Serikat dan Jepang yang berlomba-lomba menciptakan robot pembunuh untuk keperluan tempur di medan perang. Organisasi pemerhati robot, Al Boffin menegaskan bahwa kelompok teroris saat ini telah mengembangkan robot pembunuh untuk melancarkan aksi mereka.

Noel Sharkey juru bicara Al Boffin yang juga seorang pakar cyber telah memperingatkan bahwa teroris dalam melancarkan serangan telah menggunakan kawanan robot pembunuh' mematikan di Inggris.

"Saya tidak ingin hidup di dunia di mana perang bisa terjadi dalam beberapa detik" tutur Noel Sharkey, seperti dilansir dari Daily Star, Jumat (1/12/2017)

AI boffin Noel Sharkey membuat prediksi mengerikan bahwa teroris dapat menggunakan pesawat tak berawak untuk melakukan kekejaman yang menghancurkan di seluruh Inggris.

Sementara itu CEO Tesla, Elont Musk juga telah memperingatkan bahwa program AI (kecerdasan buatan) pada robot dapat menghapus manusia dari bumi.

Lebih tegas dikatakan, kecerdasan buatan kelak bisa menghancurkan manusia jika tidak bisa lagi dikontrol perusahaan teknologi. Musk berpendapat, umat manusia memiliki kesempatan yang kecil untuk "selamat" jika kecerdasan buatan bisa menguasai dunia.

"Mungkin cuma ada 10% saja kesempatan manusia bisa menciptakan teknologi kecerdasan buatan yang aman," ungkap Musk baru-baru ini seperti dikutip dari The Independent,

Bahkan, Wakil Presiden Strategi & Teknis, Alvin Wilby orang bertanggung jawab atas fungsi teknis, keamanan produk, fungsi rekayasa dan strategi Thales di Inggris mengatakan kepada House of Lords AI Committee pada hari Selasa bahwa ancaman tersebut adalah salah satu yang harus dikhawatirkan oleh Inggris dan dunia.

"Ini hanya masalah waktu dan saya pikir itu adalah kepastian yang mutlak yang harus kita khawatirkan," tutur Alvin.

Kemampuan ini ada di luar sana - menskalakannya dengan kawanan drone tidak memerlukan langkah inventif yang besar, itu hanya masalah sumber daya, waktu, dan skala.

(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6041 seconds (0.1#10.140)