Toyota Pusat Tak Ingin Buru-buru Garap Mobil Listrik

Minggu, 03 Desember 2017 - 05:30 WIB
Toyota Pusat Tak Ingin Buru-buru Garap Mobil Listrik
Toyota Pusat Tak Ingin Buru-buru Garap Mobil Listrik
A A A
FRANKFURT - Mobil listrik berbahan bakar listrik tengah menjadi tren sebagai kendaraan konsep belakangan ini. Namun perjalanan masih jauh bila dikatakan mobil listrik bakal mendominasi jalanan dalam waktu dekat.

Hal ini dikatakan Toyota Motor Chairman, Takeshi Uchiyamada dalam wawancara dengan Nikkei, baru-baru ini. Dia mengatakan, Toyota dan pabrikan lain seperti Honda Motor jga telah bertaruh pada mobil sel bahan bakar hidrogen sebagai andalan kendaraan generasi mendatang yang ramah lingkungan. Pihaknya juga belum yakin semua infrastruktur di banyak negara siap dengan teknologi listrik.

Berikut petikan wawancara Nikkei dengan Takeshi Uchiyamada:

Dewan Hidrogen mengatakan, hidrogen sebagai bahan bakar dapat mengurangi 20% emisi karbon dioksida global pada 2050. Benarkah?

Hidrogen pasti akan memainkan peran masa depan dan memperbaiki infrastruktur untuk keperluan itu sangat penting. Dengan investasi yang dibutuhkan, masyarakat hidrogen tidak akan terwujud kecuali disetujui masyarakat. Negara-negara di dunia perlu menyusun jadwal spesifik untuk implementasi dan mengikuti perkembangannya.
Toyota Pusat Tak Ingin Buru-buru Garap Mobil Listrik

Apakah Anda mengantisipasi momentum mempopulerkan kendaraan sel bahan bakar begitu infrastruktur dipasang untuk mendukung kendaraan listrik?

Upaya menghasilkan energi yang lebih besar dari sumber terbarukan seperti angin dan matahari akan mempercepat usaha mengurangi emisi CO2. Hidrogen dapat digunakan untuk menyimpan dan mengangkut energi terbarukan ini.

Jika kendaraan listrik naik terlalu cepat, kebanyakan pembuat mobil tidak akan bisa menghasilkan keuntungan.

Toyota bahkan tidak akan bisa tetap untung?

Tidak ada perusahaan yang mau (rugi). Kendaraan listrik membutuhkan sekitar lima kali kapasitas baterai hibrida. (Toyota) Prius Plug-in Hybrid memiliki kapasitas sekitar tiga kali lipat dan ini perlu biaya cukup banyak.

Beberapa membayangkan mobil listrik akan menyumbang 30% penjualan mobil baru di 2030. Anda setuju?

Target itu terlalu cepat. Toyota menjual 9 juta kendaraan per tahun dan 1,4 juta di antaranya (15%) adalah hibrida. Kami butuh 20 tahun untuk sampai ke level ini. Saya pikir 30% listrik pada tahun 2030 tidak mungkin.

Mungkin terjadi jika setiap negara harus mengeluarkan peraturan, tapi ini akan menciptakan kekacauan dan membuat konsumen tidak bahagia. Banyak masalah yang masih perlu dipecahkan, seperti daya jelajah, masa pengisian baterai.

Kami sedang mengerjakan baterai solid-state, tapi ini pun tidak cukup. Tidak akan pernah datang saat semua mobil listrik tersedia.
Toyota Pusat Tak Ingin Buru-buru Garap Mobil Listrik

Kapan sel bahan bakar kendaraan akan dikenalkan?

Saya merasa peralihan akan terjadi sekitar tahun 2030. Artinya 10 tahun sejak peraturan China menetapkan harga energi baru masuk ke dalam kekuatan penuh pada tahun 2020. Eksperimen besar di kendaraan listrik akan selesai dan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen akan hadir sampai batas tertentu.

Kendaraan sel bahan bakar akan berada di generasi kedua atau ketiga. Lagi pula, bukan Prius, yang saya tangani secara pribadi, terjual dengan baik di generasi pertamanya.

Tapi yang pasti, kendaraan yang hanya mengandalkan mesin pembakaran internal akan memudar, membawa biaya bahan bakar dan emisi ke tingkat ideal akan sulit dan sangat mahal. Hibrida plug-in akan menjadi arus utama untuk waktu yang lama.

Toyota membangun unit pengembangan kendaraan listriknya sendiri?


Stasiun pengisian daya bermunculan lebih cepat daripada stasiun bahan bakar hidrogen di tempat-tempat seperti China dan California. Jadi kami telah meluncurkan perusahaan dengan Mazda dan Denso untuk mengembangkan modul bersama untuk kendaraan listrik. Berbagi komponen inti juga akan membantu menjaga biaya tetap rendah, mengingat penjualan kendaraan listrik masih tergolong tipis. Kami berharap agar perusahaan tetap gesit, seperti startup.
Toyota Pusat Tak Ingin Buru-buru Garap Mobil Listrik

Apakah ada rencana mengadopsi kendaraan sel bahan bakar dalam Lexus?

Kami menempatkan lebih banyak beban pada kendaraan komersial dari sebelumnya. Kami bekerja sama dengan Seven-Eleven Japan dalam pengiriman skala kecil menggunakan kendaraan sel bahan bakar.

Kami membangun truk trailer berbahan bakar sel bahan bakar di California. Ini semua menampilkan drive tanpa merek dagang dari kendaraan sel bahan bakar.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7702 seconds (0.1#10.140)