4 Hal Penting yang Harus Anda Ketahui sebelum Mulai Perjalanan di Musim Hujan

Kamis, 30 November 2023 - 09:48 WIB
loading...
4 Hal Penting yang Harus Anda Ketahui sebelum Mulai Perjalanan di Musim Hujan
Traveling atau bepergian merupakan hal yang menyenangkan. Namun, di cuaca tertentu seperti musim hujan menjadikan traveling sulit untuk dilakukan. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Traveling atau bepergian merupakan hal yang menyenangkan. Namun, di cuaca tertentu seperti musim hujan menjadikan traveling sulit untuk dilakukan.

Penting sekali untuk merencanakan secara matang tujuan perjalanan serta hal-hal apa saja yang perlu disiapkan selama melakukan perjalanan saat musim hujan. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus Anda lakukan sebelum melakukan perjalanan, dikutip dari Out Look Traveller, Kamis (30/11/2023).

1. Pilih Tujuan Anda dengan Hati-hati

Mempertimbangkan kondisi cuaca sangat penting ketika memilih tujuan perjalanan. Tempat-tempat tertentu harus dihindari selama musim hujan karena risiko terkait. Misalnya, pegunungan dengan ketinggian tertentu dan rawan longsor saat musim hujan.


2. Pastikan untuk Memeriksa Prakiraan Cuaca

Dengan internet, kita dapat mengakses banyak informasi di ujung jari kita, termasuk prakiraan cuaca untuk hampir semua lokasi. Meskipun beberapa situs menawarkan prakiraan cuaca beberapa minggu sebelumnya, penting untuk diingat bahwa cuaca tidak dapat diprediksi.

Agar tetap siap, pantau prediksi tujuan Anda setidaknya seminggu sebelum perjalanan dari sumber tepercaya seperti AccuWeather. Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat rencana yang sesuai dan menyesuaikan jadwal Anda jika diperlukan.

3. Berhati-hati dalam Memilih Makanan dan Minuman

Pada musim hujan, terdapat risiko tinggi terjadinya penyakit yang ditularkan melalui air. Berhati-hati dengan apa yang Anda makan dan minum sangat penting agar tetap aman.

Sebaiknya bawa botol air untuk menghindari membeli air yang meragukan dari toko lokal atau pedagang di pinggiran jalan, serta membantu mengurangi jejak plastik Anda. Dianjurkan untuk membawa makanan kering dan makan ringan di restoran yang bersih atau bekal dari rumah.

Makanan laut, khususnya, dapat menyebabkan keracunan makanan selama musim hujan, jadi penting untuk memperhatikan apa yang Anda konsumsi, tidak peduli betapa menggodanya makanan tersebut di piring.

4. Kemas Pakaian dengan Bijaksana

Sebelum Anda bepergian, penting untuk memeriksa ramalan cuaca tujuan Anda sehingga Anda dapat berkemas dengan benar. Meskipun prakiraan cuaca memperkirakan cuaca akan kering, jangan sekali-kali melakukan perjalanan selama musim hujan tanpa membawa payung dan, jika mungkin, jas hujan atau ponco yang bagus.

Investasikan pada sepatu dengan daya cengkeram yang baik, terutama saat bepergian ke daerah perbukitan. Hujan dapat membuat jalan setapak dan tangga menjadi licin. Pilih sepatu yang cepat kering, antiair atau tahan air.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2204 seconds (0.1#10.140)