Pengguna QRIS di Jakarta Capai 5,5 Juta

Kamis, 30 November 2023 - 11:56 WIB
loading...
Pengguna QRIS di Jakarta Capai 5,5 Juta
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Sahminan memberikan sambutan pada acara tahunan Bank Indonesia perwakilan Jakarta, Rabu (29/11/2023). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Peningkatan ekosistem digital di DKI Jakarta kian tercapai. Hal itu terbukti dengan tambahan pengguna QRIS baru di Jakarta yang mencapai 995.900 hingga Oktober 2023.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jakarta Arlyana Abubakar menuturkan sejauh ini tercatat pengguna QRIS di Jakarta mencapai 5,5 juta atau 12,7 persen pangsa nasional.

"Ini bukti keberhasilan kami yang berkoordinasi Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi (TP2DD) mendorong elektronifikasi transaksi pemerintah daerah dan digitalisasi transportasi serta bantuan sosial," ujar Arlyana, Rabu (29/11/2023).



Hingga akhir Oktober 2023, pihaknya mencatat 592,2 transaksi menggunakan QRIS. Jumlah itu menjadikan Jakarta mendapatkan apresiasi dengan memperoleh penghargaan TP2DD Award 2023 kategori Provinsi Terbaik Wilayah Jawa dan Bali.

Untuk memperkuat dan menjaga ekonomi Jakarta, BI memperkuat sinergi TPID melalui penguatan program GNPIP seperti perluasan Kerja Sama Antardaerah, Digital Urban Farming, dan kampanye bijak berkonsumsi. Penguatan sinergi ini dipercaya mampu mengendalikan inflasi termasuk dengan daerah sekitarnya terutama Bodetabek.

"Kami juga akan memperkuat eksosistem digital yang juga menyasar pada sektor ekonomi potensial seperti pariwisata, pendidikan, dan kesehatan," katanya.

Termasuk menjaga kebijakan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, ekonomi dan keuangan hijau, serta UMKM guna mewujudkan ekonomi inklusif serta berkelanjutan.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Sahminan menambahkan perekonomian Jakarta pada triwulan III 2023 tetap tumbuh kuat mencapai 4,93 persen (yoy).

Konsumsi rumah tangga menjadi penopang utama pengeluaran di kota ini yang didorong mobilitas yang lebih tinggi dan maraknya pelaksanaan Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions (MICE) serta berbagai event nasional maupun internasional.

Dari sisi lapangan usaha (LU), beberapa sektor utama dengan pangsa terbesar di Jakarta turut mendorong tingginya pertumbuhan ekonomi. LU infokom menjadi sektor dengan kontributor tertinggi sejalan semakin meningkatnya pemanfaatan teknologi digital serta semakin menggeliatnya industri perfilman di Jakarta.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)