Dewan Penasihat TPN Yenny Wahid Awali Kampanye dengan Ziarah Makam Sunan Gunung Jati

Jum'at, 01 Desember 2023 - 21:23 WIB
loading...
Dewan Penasihat TPN Yenny Wahid Awali Kampanye dengan Ziarah Makam Sunan Gunung Jati
Dewan Penasihat TPN Ganjar Pranowo - Mahfud MD, Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang dikenal dengan Yenny Wahid berziarah ke makam Sunan Gunung Jati. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo - Mahfud MD, Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang dikenal dengan Yenny Wahid mulai melakukan kampanye untuk pasangan Capres-Cawapres Ganjar-Mahfud MD.

Yenny mengawalinya dengan berziarah ke makam Syekh Syarif Hidayatullah atau Wali Songo Sunan Gunung Jati di Kompleks pemakaman bukit Gunung Jati atau Astana Gunung Sembung, Cirebon, Jawa Barat.

Yenny Wahid mengatakan Sunan Gunung Jati merupakan salah satu Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa. Sehingga dirinya berziarah sekaligus berdoa agar semua niatannya dimudahkan.



"Intinya kami datang kesini untuk ziarah ke makam Syekh Sunan Gunung Jati dan tentunya di tempat ini berdoa kepada Allah SWT agar semua niatan kita itu dimudahkan jalannya," ujar Yenny Wahid di lokasi, Jumat (1/12/2023)

Selain itu, Yenny mengungkapkan sowan ini agar dapat mengambil hikmah dari kisah-kisah perjalanan dan perjuangan Sunan Gunung Jati dalam menyebarkan Islam di Tanah Jawa.



Menurut Yenny, di tempat tersebut banyak ras yang bertemu, dari sosok Syekh Sunan Gunung Jati sendiri ada Arab-nya. Sementara salah satu istrinya ada yang keturunan China sehingga terjadi campuran budaya.

"Artinya di sini ada akulturasi budaya, ada campuran budaya yang diterima dengan sangat terbuka, dengan sangat toleran, awal bawa kebaikan kepada masyarakat. Sunan Gunung Jati itu perjalanannya kemana-mana, ke seluruh dunia, itu yang menjadi semangat kita," ujarnya.

Putri mantan Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini sebagai bentuk sowan kepada Sunan Gunung Jati dalam melakukan sejumlah kegiatan sebagai TPN Ganjar -Mahfud di Jawa Barat dan Jawa Tengah setelah sebelumnya melakukan road show di Jawa Timur.

"Mengawalinya harus sowan dulu kepada Sunan Gunung Jati supaya mendapatkan barokah, dimudahkan semua langkahnya, terutama Semua yang diniatkan untuk kebaikan bangsa Indonesia," pungkasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)