Dalam Waktu 3 Tahun, China Blokir Lebih dari 13 ribu Situs

Selasa, 26 Desember 2017 - 21:01 WIB
Dalam Waktu 3 Tahun, China Blokir Lebih dari 13 ribu Situs
Dalam Waktu 3 Tahun, China Blokir Lebih dari 13 ribu Situs
A A A
JAKARTA - China merupakan negara yang terbilang ketat untuk urusan keamanan siber. Bahkan China bisa dibilang negara yang tegas kepada para penyedia layanan berbasis internet seperti Facebook, Google hingga Apple.

Belum lama ini sebagaimana dilansir dari, Engadget, Selasa (26/12/2017), negeri tirai bambu tersebut memebeberkan data dari situs yang telah mereka blokir dalam tiga tahun terakhir. Berdasarkan laporan dari Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional mengungkapkan bahwa China telah menutup lisensi lebih dari 13.000 situs sejak awal 2015.

Tidak hanya itu, bahkan hampir 10 juta akun di internet yang bersangkutan dengan akun jejaring sosial juga turut di berangus.

Kantor berita Xinhua mengatakan pemblokiran itu dimaksudkan untuk melindungi “Kekuasaan jangka panjang partai atas kekuasaan, perdamaian, dan stabilitas jangka panjang negara, pembangunan sosial ekonomi negara dan kepentingan pribadi masyarakat”.

Terlepas dari kebijakan yang diterapkan pemerintah China, aturan tersebut tampaknya belum akan berubah dalam waktu dekat. Artinya pengguna internet di China dan perusahaan yang berniat menawarkan layanannya di China masih akan dibatasi oleh pemerintah setempat.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8458 seconds (0.1#10.140)