Jepang Kirim Dua Satelit Pantau Keadaan Bumi dari Luar Angkasa

Kamis, 28 Desember 2017 - 17:01 WIB
Jepang Kirim Dua Satelit Pantau Keadaan Bumi dari Luar Angkasa
Jepang Kirim Dua Satelit Pantau Keadaan Bumi dari Luar Angkasa
A A A
TOKYO - Badan Antariksa Jepang (JAXA ) belum lama ini meluncurkan dua satelit luar angkasa. Meluncur dari Tanegashima Space Center, dua satelit yang diluncurkan Negeri Sakura tersebut memiliki misi yang berbeda.

Diluncurkan dengan nama Shikisai (Warna), satelit akan memantau iklim Bumi dari luar angkasa selama 15 tahun ke depan. Sedangkan Tsubame (Burung Layang-Layang) akan menguji bagaimana mesin ion bisa menjaga satelit tetap mengambang di udara dalam orbit super rendah, yakni di bawah 300 kilometer.

"Shikisai diharapkan dapat berperan penting dalam memantau sirkulasi air dan perubahan iklim global, serta memeriksa kesehatan Bumi dari luar angkasa," kata pejabat JAXA dalam sebuah pernyataan, dikutip dari International Business Times, Kamis (28/12/2017).

Satelit Shikisai juga membawa instrumen bernama Second Generation Global Imager (SGLI) yang akan melakukan pengukuran permukaan dan atmosfer. Instrumen ini juga akan mempelajari siklus karbon, awan, aerosol, warna samudera, vegetasi, salju, dan es Bumi.

"Orbit ini adalah wilayah yang belum berkembang dan belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh satelit," tutur JAXA.

"Selanjutnya, kami mengembangkan satelit compact untuk meminimalkan hambatan udara, dan akan memastikan bahwa teknologi kami dapat mengorbit di ketinggian super rendah selama jangka waktu yang panjang," jelas pejabat JAXA.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7657 seconds (0.1#10.140)