7 Sekolah Kedinasan di Jawa Tengah yang Menjanjikan Masa Depan Cerah, Akpol hingga Akmil

Kamis, 07 Desember 2023 - 12:28 WIB
loading...
7 Sekolah Kedinasan di Jawa Tengah yang Menjanjikan Masa Depan Cerah, Akpol hingga Akmil
Akademi Kepolisian (Akpol) yang berlokasi di Kota Semarang menjadi salah satu sekolah kedinasan terbaik di Jawa Tengah selain juga Akmil. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 sekolah kedinasan di Jawa Tengah yang bisa jadi pilihan studi lulusan SMA. Sekolah kedinasan saat ini banyak diminati para lulusan SMA karena salah satunya masa depannya bisa menjadi PNS.

Ada beragam jenis sekolah kedinasan yang bisa didaftar oleh lulusan SMA dan SMK sederajat, salah satunya yang berlokasi di Jawa Tengah. Di Jawa tengah, ada sejumlah sekolah kedinasan di bawah naungan Polri dan TNI.

Setelah selesai studi, mahasiswa akan menjadi abdi negara baik menjadi anggota TNI maupun Polisi. Biar lebih jelas, artikel kali ini akan membahas 7 sekolah kedinasan di Jateng, mulai dari Akpol hingga Akmil, simak selengkapnya ya!

7 Sekolah Kedinasan di Jawa Tengah yang Menjanjikan Masa Depan Cerah


1. Akademi Militer (Akmil)


Jika Akpol merupakan lembaga pendidikan milik Polri, Akademi Militer atau Akmil adalah sekolah pendidikan TNI Angkatan Darat dan Sekolah Perwira Prajurit Karier TNI (Sepa PK TNI). Akademi Militer berada di Jalan Gatot Subroto, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Jika kamu bercita-cita menjadi seorang prajurit TNI, mendaftar di Akmil bisa menjadi pilihan setelah tamat SMA. Setelah lulus dari Akmil akan mendapatkan gelar Letnan Dua (Letda).

2. Akademi Polisi (Akpol)


Salah satu sekolah kedinasan favorit adalah Akademi Polisi atau sering disebut dengan Akpol. Akpol berada di Jalan Sultan Agung No.131, Candi Baru, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232.

Akpol adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak Perwira Polri. Setelah lulus dari Akpol akan langsung mendapatkan pangkat Ipda Inspektur Polisi Dua (Ipda). Siswa yang ingin mendaftar di Akpol akan menempuh pendidikan selama 4 tahun (8 Semester


3. Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas)


PEM Akamigas merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). PEM Akamigas berada di Jalan Gajah Mada Nomor 38 Cepu, Blora, Jawa Tengah 58315. PEM Akamigas memiliki beberapa prodi, yakni Teknik Produksi Migas, Teknik Pengolahan Migas, Teknik Instrumentasi Kilang, Teknik Mesin Kilang dan Logistik Migas.

4. Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan), Kampus Peternakan Magelang


Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) pada Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) yang bertugas menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi program Diploma IV.

Keberadaan Polbangtan punya tujuan mencetak Sarjana Terapan di bidang pertanian dan peternakan yang profesional, memiliki integritas moral, sikap mental, dan etos kerja tinggi, serta berkarakter. Polbangtan YOMA terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Akreditasi Baik Sekali.

5. Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang


Politeknik milik Kementerian Kesehatan ini ada juga di Semarang, Jawa Tengah. Lulusan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang dapat bekerja di berbagai Unit Fasilitas Kesehatan Pemerintah maupun swasta dan unit kerja lain yang terkait antara lain:

a. RSU tipe ( A, B, C ) hingga Puskesmas

b. RS Khusus / Swasta Bertaraf Internasional.

c. Institusi Pendidikan Lembaga Pengembangan, Penelitian Kesehatan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)