Sopir Truk, Pahlawan yang Terlupakan

Kamis, 04 Januari 2018 - 13:53 WIB
Sopir Truk, Pahlawan yang Terlupakan
Sopir Truk, Pahlawan yang Terlupakan
A A A
Sopir Truk, Pahlawan yang Terlupakan
PROGAM #FusoKontribusi, sebuah program peduli pendidikan anak supir truk, diluncurkan oleh Mitsubishi Fuso pada Desember 2017 lalu. Program ini telah membuka fakta baru mengenai kehidupan sopir truk Indonesia.

Saban hari kita menikmati hidangan di meja makan. Baik yang dimasak oleh keluarga di rumah maupun yang diracik oleh para koki di restoran. Nasi putih hangat mengepul, aneka buah segar dan sayuran hijau, ayam, daging, ikan, dan beragam lauk lainnya yang dibutuhkan tubuh agar tetap fit untuk bekerja mencari rejeki dan aktivitas lainnya. Saking rutinnya hidangan tersebut hadir di meja makan kita, kita lupa bagaimana semua bahan-bahan kebutuhan pokok tersebut sampai kepada kita.

Kita, kaum urban, nyaris tak pernah memikirkan betapa beras, aneka buah dan sayur, dan lauk yang kita konsumsi setiap hari, harus lebih dulu melalui perjalanan yang panjang sebelum sampai ke dapur kita. Perjalanan yang kadang penuh rintangan dan marabahaya.

Kita sering alpa betapa perjalanan aneka bahan-bahan pangan yang datang dari berbagai daerah yang jauh tersebut dapat terjadi karena ada sopir truk yang dengan setia dan tangguh membawa bahan-bahan kebutuhan pokok tersebut ke pasar-pasar, ke pusat-pusat penjualan. Sopir truk yang rela meninggalkan keluarga yang kadang sampai berhari-hari, tidur di pinggir jalan. Melewati berbagai medan, menembus panas dan hujan, siang dan malam.

Pernahkah kita bayangkan apabila tak ada sopir truk? Distribusi bahan-bahan pokok yang sumbernya jauh dari kota-kota besar tak akan sampai di pasar-pasar. Kita akan kesulitan mendapatkan bahan-bahan pangan yang sangat dibutuhkan itu. Akibatnya kita akan kelaparan.

Kelaparan, kita tahu, sangat memudah memicu kerusuhan sosial. Kehidupan yang damai akan terganggu. Perekonomian bakal lesu, politik pun memanas.

Maka dari itu, sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan kepada jasa-jasa sopir truk, Mitsubishi Fuso mengadakan roadshow ke 10 kota dan mengundang para sopir truk untuk menghadiri rangkaian Perjalanan Sejuta Harapan Bersama dengan brand ambassador Mitsubishi Fuso, Iwan Fals.

Bentuk apresiasi lainnya adalah dengan mengkampanyekan pentingnya mengajak masyarakat menghargai jasa-jasa sopir truk yang sangat berharga bagi kelancaran roda kehidupan kita sehari-hari. Sebelumnya Mitsubishi Fuso telah menyebarkan video dan sticker unbranded dengan #terimakasihsupirtruk untuk mengapresiasi para sopir truk.

Kali ini Mitsubishi Fuso mengajak masyarakat luas untuk mewujudkan apresiasi kita kepada para sopir truk dengan mem-posting foto dan atau video mengenai sopir truk dengan menggunakan #FusoKontribusi. Setiap satu #FusoKontribusi akan dihargai sebesar Rp10.000 yang nantinya akan diwujudkan oleh Mitsubishi Fuso dalam bentuk beasiswa pendidikan untuk anak-anak para sopir truk.

Anda dapat berpartisipasi dalam turut mengapresiasi para sopir truk dengan cara berbagi cerita-cerita tentang perjuangan dan jasa-jasa sopir truk yang telah memperlancar kehidupan kita sehari-hari. Anda dapat mem-posting apa pun bentuk partisipasi masyarakat terhadap sopir truk, lalu mengunggahnya di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, dan menyertakan hashtag #FusoKontribusi.

Mari kita sejahterakan dan tingkatkan kualitas hidup sopir truk dan keluarganya dengan berpartsipasi dalam kampanye menghargai dan mengapresiasi jasa sopir truk. Semakin banyak hashtag #FusoKontribusi semakin banyak pula beasiswa yang diberikan kepada anak-anak para supir truk. Semua foto yang dipakai menggunakan foto Fuso Colt Diesel, jangan ada foto truk lainnya.

Mitsubishi Fuso didistribusikan di Indonesia oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB). KTB merupakan distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia sejak tahun 1970 dari Mitsubishi Motors Corporation dan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation.

Dengan pilar penjualan Commercial Vehicle (CV), KTB terus memperkenalkan produk-produk kendaraan baik untuk kebutuhan bisnis yang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat Indonesia. Jajaran produk kendaraan niaga di kelas light dan medium truck dari Mitsubishi Fuso dengan bermacam variannya melengkapi semua kebutuhan niaga di Indonesia mulai dari pertambangan, perkebunan, hingga perdagangan retail.

Selama empat dekade lamanya, KTB telah secara terus menerus mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. KTB senantiasa memperbaiki kualitas produk dan layanannya demi kepuasan konsumen KTB. [aris/info]
(tjs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8932 seconds (0.1#10.140)