Barat Usik Iran dan Korut, Tapi Tutup Mata Terhadap Senjata Nuklir Israel

Jum'at, 08 Desember 2023 - 04:11 WIB
loading...
Barat Usik Iran dan Korut, Tapi Tutup Mata Terhadap Senjata Nuklir Israel
Barat usik program nuklir Iran dan Korea Utara, tapi menutup mata terhadap kepemilikan senjata nuklir Israel. Foto/REUTERS
A A A
WINA - Seorang akademisi terkemuka Austria mengkritik diamnya negara-negara Barat terhadap kepemilikan senjata nuklir Israel. Di sisi lain, Barat terus mengusik pengembangan senjata nuklir Korea Utara (Korut) dan program nuklir Iran.

“Diamnya negara-negara Barat terhadap senjata nuklir Israel, dan memberikan tekanan terhadap Iran dan Korea Utara, merupakan standar ganda,” kata Heinz Gartner, Profesor Komunikasi di Universitas Wina, kepada Anadolu, yang dilansir Jumat (8/12/2023).

Di tengah meningkatnya serangan Israel terhadap Gaza, pernyataan Menteri Warisan Budaya Israel, Amihai Eliyahu, bahwa “bom nuklir di Gaza adalah suatu opsi” telah menghidupkan kembali perdebatan mengenai program nuklir negara Yahudi tersebut.

Meskipun Israel menahan diri untuk tidak memberi tahu komunitas internasional tentang kepemilikan senjata nuklirnya, faktanya Israel adalah satu-satunya negara di Timur Tengah yang belum menerima Perjanjian Perlindungan Komprehensif.



Perjanjian itu memungkinkan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) untuk memeriksa semua fasilitas nuklir sipil dan militer dan untuk melakukan kegiatan verifikasi atas pekerjaan yang dilakukan.

Menurut Gartner, Israel juga bukan merupakan pihak dalam Perjanjian Non-Proliferasi Senjata Nuklir (NPT), yang mengarah pada penilaian bahwa Israel memiliki senjata nuklir di inventarisnya.

Akademisi tersebut mengatakan, meskipun pemerintahan Tel Aviv tidak setuju dengan pertanyaan mengenai masalah nuklir, Israel menandatangani beberapa perjanjian dengan Amerika Serikat dan Prancis pada awal tahun 1950-an untuk melakukan kegiatan nuklir.

90 Hulu Ledak Nuklir


Menurut data tidak resmi dari Pusat Pengendalian Senjata Nuklir dan Non-Proliferasi, Israel mampu memproduksi senjata nuklir pada akhir tahun 1960-an. Diperkirakan terdapat sekitar 90 hulu ledak nuklir berbasis plutonium di negara itu dan ia telah memproduksi cukup plutonium untuk 100-200 senjata nuklir.

Patut dicatat bahwa negara-negara Barat, yang memberikan tekanan terhadap Iran—salah satu pihak dalam NPT—, dan Korea Utara—yang bukan merupakan salah satu pihak dalam perjanjian tersebut—dan yang fasilitas nuklirnya sedang diperiksa karena telah menerima Perjanjian Inspeksi Keamanan, diam saja tentang program nuklir Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0710 seconds (0.1#10.140)