Sukses Lewat Bisnis Influencer

Minggu, 07 Januari 2018 - 10:06 WIB
Sukses Lewat Bisnis Influencer
Sukses Lewat Bisnis Influencer
A A A
JAKARTA - Memanfaatkan konten di media sosial, seperti YouTube dan Instagram tengah menjadi tren tersendiri di kalangan anak muda masa kini.

Karena semakin digemari, kegiatan ini pun seakan menjadi sebuah profesi baru. YouTuber atau yang dikenal dengan influencer adalah istilah yang muncul dari dunia marketing untuk menggandeng seseorang agar bisa mendorong target konsumen dalam menyampaikan pesan dari merek tersebut.

Semakin maraknya aktivitas di media sosial, mendatangkan profesi baru yang cukup menjanjikan. Belum lagi, melihat hasil yang didapat sangat menggiurkan, membuat banyak anak muda berlomba menunjukkan kreativitasnya demi menarik banyaknya para follower mereka.

Sasya Ailee contohnya, anak muda yang satu ini sudah merasakan suksesnya menjadi seorang influencer. Wanita yang sering membuat tutorial make up ala Korea dan parodi K-Pop tersebut sudah memiliki lebih dari 77.000 pengikut di Instagaram-nya.

Anak muda yang akrab disapa Sasyachi ini pun menuturkan awal mula dirinya aktif di dunia maya sejak 2014. Untuk pertama kalinya, dia membuat tutorial make up ala penyanyi Korea yang saat itu juga tengah disukai banyak anak muda Indonesia. Siapa sangka, berawal dari keisengannya tersebut membawa pemilik akun @sasyachi ini banyak digemari dan dirinya menjadi terpacu untuk membuat video tutorial lainnya.

Hal ini pun membuat akun Instagram-nya dibanjiri para followers. Berbagai video tutorial hingga traveling yang mengulas tentang gaya Korea yang dibuatnya pun semakin membuat hati para netizen senang. Terlebih lagi, dia selalu memberikan kontennya dengan sen tuhan Korea atau K-pop yang kini menjadi ciri khasnya.

Banyaknya followers Sasyachi ternyata membawa berbagai macam tawaran endorsement datang menghampirinya. “Awal masuk kedunia ini hanya ingin membantu usaha teman yang memiliki produk kecan tikan. Namun, lama-kelamaan banyak tawaran yang masuk, dari yang sudah me miliki nama ataupun yang biasa-biasa saja,” jelasnya.

Tidak ada pertimbangan khusus bagi Sasyachi dalam menerima tawaran yang datang menghampirinya. Hampir semua yang datang dia kerjakan, karena hal inilah yang mampu mendorong dirinya untuk bisa berpikir lebih kreatif.

“Setiap campaign yang masuk selalu aku terima dan itu menjadi tantangan tersendiri buat aku. Karena aku harus membuat yang lebih kreatif lagi,” jelasnya. Meski banyaknya tawaran endorsement yang menghampiri dirinya, Sasyachi menolak untuk mem beritahukan besaran pendapatan yang dia peroleh.

Namun, wanita yang senang bergaya ala K-pop ini memberikan bocorannya. “Ini bukan penghasilan tetap, kadang tidak selalu ramai campaign , tapi kadang juga ramai. Kalau lagi banyak tawaran yang masuk, sebulannya bisa dapat dua kali gaji,” jelasnya saat dihubungi KORAN SINDO.

Meski begitu, wanita yang juga tergabung dengan talent manager dari EBLO Production ini menutur kan, dia selalu memilih-milih produk. “Aku ingin selalu konsisten dengan K-pop atau yang berbau dengan Korea. Ini seakan jadi ciri khas aku dan yang ter penting videonya menghibur dan inspiratif,” jelasnya.

Tak hanya Sasyachi yang berhasil mendapatkan keuntungan dari hasil kreativitasnya di media sosial, Kurniawan Afrizal pun sudah banyak mengumpulkan pundi-pundi penghasilan dari profesi sampingannya menjadi influencer. “Pendapat dari influencer sebenarnya menggiurkan, tapi tidak selalu stabil. Sekali membuat video, bisa dapat jutaan lah,” ungkap pria yang terkenal dengan akun @goizza ini. Pada 2014 menjadi langkah awal Afrizal menggeluti profesinya menjadi content creator , dia pun memenuhi halaman akun Instagram-nya dengan berbagai video parodi bernuansa Korea.

Lewat kreativitasnya, kini akun Instagram miliknya sudah diikuti lebih dari 70.000 pengikut. Untuk urusan endorsement, dirinya hanya memilih produk pria. Seperti kaus, sepatu, dan beberapa item lainnya seperti jam tangan. Beberapa barangnya pun ada yang datang dari brand luar negeri. (Aprilia S Andyna)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1009 seconds (0.1#10.140)