Ini Jadinya Kalau Perangkat Elektronik di Dapur Dibenamkan AI

Senin, 08 Januari 2018 - 15:08 WIB
Ini Jadinya Kalau Perangkat Elektronik di Dapur Dibenamkan AI
Ini Jadinya Kalau Perangkat Elektronik di Dapur Dibenamkan AI
A A A
LAS VEGAS - Perhelatan tahunan global Consumer Electronics Show (CES) 2018 yang bakal berlangsung 9-12 Januari di Las Vegas, Amerika Serikat, selalu digunakan industri elektronik untuk unjuk gigi kemampuan terbaru pada perangkatnya.

Begitu pun dengan LG Electronics. Pada perhelatan CES 2018, mereka ingin mempresentasikan visi perusahaan pada penciptaan dapur pintar di masa depan. Pabrikan Korea itu mengoneksikan berbagai perangkat elektronik di ruangan tersebut guna menciptakan kemudahan dan efisiensi, sehingga pengguna memiliki waktu lebih berkualitas di rumahnya.

“Pemanfaatan kecerdasan buatan (Intelegensi Artifisial/AI) pada berbagai perangkat elektronik akan memangkas berbagai proses di dapur, dari penyiapan makanan hingga pembersihan. Menjadi solusi inovatif yang membebaskan dari kerumitan sehari-hari di dapur,” ujar Song Dae-hyun, Presiden Home Appliance & Air Solution Company pada LG Electronics dalam keterangan persnya, Senin (8/1/2018).

Dia menyebutkan, tiga perangkat elektronik rumah tangga terbaru LG yang akan dibawa untuk memamerkan visi besar perusahaan yaitu kulkas LG InstaView ThinQ™, jajaran microwave LG EasyClean, dan pencuci piring elektrik LG QuadWash™.

Kulkas LG InstaView ThinQ™ menjadi titik puncak teknologi pendinginan terkini yang memberi kenyamanan dan efisiensi maksimal dari LG. Layar sentuh LCD berbentang 29 inci pada kulkas ini dapat berubah dari layar komputer menjadi jendela transparan untuk melihat langsung isi dalam kulkas melalui dua ketukan halus pada display-nya.

"Layar ini menjadi salah satu keunikan besarnya. Kecerdasan buatan yang diterapkan LG dalam kulkas itu membuatnya mampu merekomendasikan berbagai resep makanan berdasarkan berbagai bahan makanan yang tersimpan di dalamnya," ungkap Song Dae-hyun.

Saat pengguna memilih salah satu resep, kulkas pintar secara otomatis akan mengirimkan informasi ini pada oven yang terhubung dengan Alexa yang secara verbal bakal membimbing pengguna langkah demi langkah untuk memasak sesuai resep. Lebih menyenangkannya lagi, pengguna pun dapat memanfaatkan keterhubungan kulkas dengan berbagai penyedia layanan musik streaming, seperti Amazon music dan iHeartRadio untuk menemani sesi memasaknya dengan berbagai lagu favorit.

Tak hanya itu, kulkas LG InstaView ThinQ™ ini juga menawarkan manajemen penyimpanan berbagai bahan makanan dengan lebih baik melalui keberadaan platform pintar LG webOS dan teknologi perintah suara Alexa. Keberadaan fitur Smart Tag memungkinkan pengguna untuk menambahkan informasi berupa sticker digital untuk pengingat tanggal kadaluarsa bagi masing-masing bahan makanan.

"Berbelanja juga dapat dilakukan dengan lebih cerdas. Pasalnya, pengguna dapat memastikan isi kulkas melalui smartphone yang terhubung ke kamera PanoramaView bersudut lebar di dalam kulkas LG InstaView ThinQ™," paparnya.

Di sisi lain, lanjut Song Dae-hyun, kemitraan LG dengan perusahaan seperti Innit dan SideChef membuat perangkat elektronik rumah tangga dengan kecerdasan buatan yang terhubung melalui WiFi milik LG itu mampu memberikan ragam layanan pada pengguna. Oven LG EasyClean yang terhubung dengan aplikasi khusus misalnya, dapat mengakses informasi resep secara nirkabel dan secara otomatis memulai proses pemanasan awal pada suhu tertentu dan pada waktu yang ditentukan. "Saat oven perlu dibersihkan pun, sebuah notifikasi secara otomatis akan dikirimkan pada smartphone pengguna," lanjutnya.

Di samping itu, oven LG EasyClean juga bakal mengirimkan informasi pada pencuci piring elektrik LG QuadWash™ untuk menetapkan pengaturan siklus pencucian optimal dari berbagai perangkat yang digunakan untuk memasak berdasarkan jenis masakan. Sebagai contoh, pencuci piring pintar ini akan menetapkan siklus pencucian dengan durasi waktu lebih panjang dan penggunaan air panas untuk bekas masakan berminyak tinggi dibanding masakan sayuran yang ringan.

Dukungan teknologi QuadWash™ yang terdiri dari empat lengan semprotan yang dapat bergerak ke berbagai arah memungkinkan pembersihan cepat dan cermat dari semua bentuk dan ukuran. Ditambah lagi, dalam melakukan tugasnya, oven LG EasyClean dan mesin cuci piring LG QuadWash™ ini dapat dimonitor melalui perintah suara dan LG CLOi Hub Bot.

“Inilah sebuah konektivitas tanpa batas yang melekat pada dapur cerdas LG. Sebuah kecerdasan yang akan merevolusi kebiasaan memasak dan makan konsumen,” kata Song Dae-hyun lagi.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8428 seconds (0.1#10.140)