MicroLED Jadi Standar Baru Industri Televisi Dunia

Senin, 08 Januari 2018 - 19:01 WIB
MicroLED Jadi Standar Baru Industri Televisi Dunia
MicroLED Jadi Standar Baru Industri Televisi Dunia
A A A
LAS VEGAS - Raksasa elektronik Korea, Samsung Electronics tak mau ketinggalan dengan pabrikan lainnya dalam memamerkan teknologi terbarunya di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2018.

Menjelang pembukaan CES pada 9 Januari 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat, hari ini waktu setempat (Minggu, 7/1/2018), Samsung memperkenalkan secara resmi "The Wall". Sebuah TV modular MicroLED 146 inci pertama di dunia.

Dilansir dari website resmi Samsung, The Wall ditampilkan bersamaan dengan inovasi terbaru Samsung dalam teknologi display yang menujukan bagaimana televisi berkembang dalam memberikan konsumen pengalaman menonton fantastis. "Di Samsung, kami berdedikasi untuk menyediakan konsumen dengan berbagai pengalaman layar mutakhir," kata Jonghee Han, Presiden Visual Display Business Samsung Electronics saat mengenalkan The Wall dalam First Look CES tahunannya di Las Vegas.

Dia menuturkan, sebagai televisi modular MicroLED pertama di dunia, The Wall merupakan terobosan terbaru dalam industri. Perangkat memberikan kecerahan, gamut, volume warna, dan tingkat warna hitam yang luar biasa. "Kami senang dengan langkah selanjutnya di sepanjang peta jalan kami untuk masa depan teknologi display dan pengalaman menonton yang sempurna yang ditawarkan televisi ini kepada konsumen," tambah Jonghee Han.

Samsung menyatakan, The Wall adalah TV modular berukuran 146 inci dengan teknologi MicroLED sehingga tak memiliki batasan ukuran, resolusi atau bentuk. Ini adalah TV self-emitting dengan skala mikrometer (μm) LED yang jauh lebih kecil dari LED saat ini. MicroLED berfungsi sebagai sumber cahayanya sendiri.

Teknologi MicroLED yang ada di The Wall menghilangkan kebutuhan akan filter warna atau lampu latar. Namun memungkinkan layar untuk memberi pengguna pengalaman menonton terbaik.

Selain itu, sambung Jonghee Han, layar MicroLED unggul dalam keawetan dan keefektifan. Termasuk efisiensi bercahaya, sumber cahaya, dan konsumsi daya sehingga menetapkan standar baru untuk teknologi layar masa depan.

Dengan desain berbasis panel yang tanpa bingkai, The Wall juga mencontohkan bagaimana konsumen dapat menyesuaikan ukuran dan bentuk televisi mereka sesuai kebutuhannya. Layarnya bisa beradaptasi untuk melayani berbagai keperluan, seperti membuat tampilan ukuran dinding.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.4573 seconds (0.1#10.140)