Lagi Viral, Ini 12 Manfaat Belimbing Sayur

Jum'at, 08 Desember 2023 - 20:51 WIB
loading...
Lagi Viral, Ini 12 Manfaat Belimbing Sayur
Manfaat belimbing sayur atau belimbing wuluh cukup banyak. Tak hanya untuk kesehatan saja, juga kecantikan. Foto/ shutterstock.
A A A
JAKARTA - Manfaat belimbing sayur atau belimbing wuluh cukup banyak. Tak hanya untuk kesehatan saja, juga kecantikan.

Belimbing sayur merupakan tanaman dengan nama latin Averrhoa bilimbi L atau juga dikenal dengan nama belimbing wuluh.

Belimbing sayur memiliki cita rasa asam dengan bentuk buah lonjong berwarna hijau. Ukurannya pun cukup kecil. Bisa digenggam tangan.



Dalam buah belimbing sayur, terdapat banyak kandungan mineral, seperti fosfor, kalsium, dan zat besi, juga terkenal memiliki kandungan antioksidan dan zat bersifat astringen.

Mengutip Journal of Pharmacy and Bio Allied Sciences, belimbing wuluh memiliki efek antidiabetes, antihipertensi, antitrombotik, hipolipidemik, hepatoprotektif, antikanker dan penyembuhan luka karena sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang kuat.

Manfaat Belimbing Sayur

1. Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Rebusan belimbing sayur bisa untuk mengatasi batuk dan pilek. Hal ini karena kandungan etanol di dalamnya. Bahkan hal ini sudah dipercaya oleh orang Brasil sejak 1876.

2. Membantu Diet

Kandungan serat yang tinggi dalam buah ini dapat membantu program diet. Ini karena serat yang ada dalam buah ini memberikan efek kenyang lebih cepat dan lebih lama.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Belimbing sayur kaya akan kalsium yang baik untuk tulang. Buah hijau ini juga disebut dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga struktur kerangka dalam tubuh.

4. Mengatur Kadar Gula Darah

Belimbing sayur bisa mengatur kadar gula darah di tubuh. Manfaat ini didapat dari kandungan flavonoid yang dapat memantau aktivitas insulin dalam tubuh.

Mengutip jurnal biomolecules, beberapa studi menunjukkan bahwa flavonoids dapat membantu mengobati diabetes.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam belimbing wuluh juga mampu bekerja untuk mencegah lonjakan kadar glukosa darah secara tiba-tiba setelah makan.

5. Membantu Mengelola Hipertensi

Belimbing sayur bisa membantu menekan tekanan darah dalam tubuh. Kandungan antioksidan dan protein dalam belimbing wuluh dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Kandungan ini akan bekerja dengan cara melebarkan arteri, vena dan kapiler serta merelaksasi otot jantung.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam belimbing wuluh juga dapat radikal bebas.

6. Mampu Mengobati Wasir

Mengutip Netmeds, manfaat belimbing sayur untuk obat wasir ini didapatkan dari elemen anti-inflamasi yang kuat, yaitu tanin dan terpenoid.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0889 seconds (0.1#10.140)