alexametrics

Menjajal Ketangguhan Daihatsu All New Terios di Tanah Minang

loading...
Menjajal Ketangguhan Daihatsu All New Terios di Tanah Minang
Daihatsu All New Terios tampil trengginas saat melahap medan di Kota Padang, Sumatera Barat. Foto/Manuel Jeghesta/SINDOnews
A+ A-
PADANG - Setelah diluncurkan pada Novemver 2017, sejumlah awak media diberi kesempatan untuk menjajal kenyamanan dan ketanggugan Daihatsu All New Terios. Kali ini peserta test drive diajak untuk merasakan sensasi berkendara di Kota Padang, Sumatera Barat.

Sesampainya di Tanah Minang, test drive memilih rute yang penuh dengan tantangan berupa tanjakan, tikungan, medan jalan berat dengan daerah berbatu, berlumpur, dan rintangan lainnya sepanjang pesisir pantai barat Padang.

Unit yang disiapkan oleh tim Daihatsu adalah tipe tertinggi dari All New Terios, yakni tipe R Deluxe dengan transmisi manual dan automatic. Di rute pertama, Daihatsu memberi kesempatan awak media untuk menjajal All New Terios bertransmisi automatic, termasuk SINDOnews.

Menjajal Ketangguhan Daihatsu All New Terios di Tanah Minang


Di sini rombongan dibawa melaju menuju pantai Painan dengan waktu perjalanan kurang lebih dua jam. Rute yang dilalui cukup menantang, di mana rombongan harus melewati jalan menanjak dan berliku.

Permukaan jalan yang dilalui terbilang kurang baik karena bergelombang. Meski begitu, suspensi Terios teranyar ini cukup empuk untuk melewati jalan bergelombang.

Terebih posisi duduk pengemudi juga sangat nyaman dengan desain bangku yang bisa diatur tinggi rendahnya. Saat diatur pada posisi paling tinggi pandangan pengemudi tentu jadi semakin jelas. Tapi jangan khawatir, meski diatur pada posisi paling tinggi kepala pengemudi masih pada batas aman dengan bagian atap mobil.

Setelah menempuh perjalanan sekitar satu jam, medan yang dilalui pun mulai menanjak dan berliku dengan beberapa ruas jalan berlubang. Saat melibas tanjakan respons yang dikirim oleh mesin agak sedikit terlambat.

Meski begitu, mobil cukup penuh tenaga untuk melibas jalan menanjak. Hanya saat masuk rpm tinggi, bisingnya mesin agak terasa ke dalam kabin.

Saat memasuki jalan datar gas kembali di bejek lebih dalam. Hasilnya, ternyata memang saat memasuki rpm tinggi dengung mesin tetap terasa ke dalam kabin.

Setelah istirahat sejenak sambil menikmati suasana pantai, perjalanan dilanjutkan menuju Bukit Nona dengan rute yang begitu curam dan berlubang. Namun tantangan ini terjawab dengan ground clearance tinggi dari All New Terios.

Ground clearance yang tinggi membuat Terios tetap aman dalam melewati segala medan jalan yang berat dan menantang. Salah satu hal yang menarik saat menghadapi jalan menanjak adalah All New Terios sudah dibekali fitur Hill Start Assist (HSA).

FItur ini sangat membantu ketika mobil harus melewati medan yang curam. Fungsinya mencegah mobil agar tidak langsung mundur ketika berhenti ditanjakkan.

Setelah itu perjalan dilanjutkan menuju Kota Padang, di sini rombongan dipersilakkan untuk bertukar mobil. Ketika menggunakan transmisi manual perbedaan begitu terasa, di sini mobil terasa lebih bertenaga.

Terlebih ketika dioper ke percepatan tiga, mobil tetap bertenaga tapi suara mesin tetap halus. Begitu juga saat mobil masuk ke percepatan lima, mobil tidak lemot dan langsung mengantarkan tenaga.
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak