Wabah COVID-19 Dongkrak Bisnis Cloud Tumbuh Pesat

loading...
Wabah COVID-19 Dongkrak Bisnis Cloud Tumbuh Pesat
Selama pandemik COVID-19 permintaan adopsi Cloud meningkat karena banyaknya perusahaan yang memberlakukan karyawannya bekerja di rumah atau di mana saja. Foto/ist
JAKARTA - Di masa pandemik COVID-19, masyarakat banyak yang beralih dari kegiatan offline menjadi online. Hal itu ikut mendongkrak penggunaan data. (Baca juga: Lokasi Terbaik Melihat Bintang Ternyata di Tempat Terdingin di Bumi)

Hal ini dirasakan PointStar Pte Ltd, perusahaan teknologi Cloud. Mereka mengalami permintaan terkait produk dan layanan pada sistem Cloud di wilayah ASEAN. Ya ini sejalan dengan meningkatnya jumlah perusahaan yang melakukan transformasi digital.

Bagi perusahaan, COVID-19 secara tidak langsung mendorong penggunaan sistem Cloud atau komputasi awan. Imbasnya penyimpanan data Cloud menjadi tren yang terus naik. Peralihan ini pun membuat perusahaan merasakan teknologi itu sebagai pendorong pertumbuhan yang dapat menaikkan ketahanan operasional dan bahkan irit anggaran.

PointStar, perusahaan yang berbasis di Singapura dengan pasar yang tersebar di Malaysia, Indonesia dan Vietnam, mengalami perkembangan pesat beberapa tahun belakang ini. Mereka juga menjadi pelopor dalam bisnis Oracle NetSuite di wilayah ASEAN.

Mereka berhasil meningkatkan bisnis Oracle NetSuite menjadi tiga kali lipat pada FY 2020. Kinerja itu diganjar penghargaan Oracle NetSuite’s 2020 ASEAN Top Volume Partner dengan catatan angka tertinggi dalam implementasi di wilayah Asia Tenggara.



"Kami sangat berterima kasih dan bangga menerima penghargaan ini sebagai sebuah legasi atas kepercayan yang diberikan oleh para pelanggan. Kerja keras tim kami untuk membantu para pelanggan menggunakan Oracle NetSuite –pelopor Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis cloud di pasaran," kata Chief Operating Officer (COO) dari PointStar, Michelle Alphonso dalam keterangannya tertulisnya.

Lebih lanjut dikatakan, akibat pandemik COVID-19, PointStar melihat adanya kenaikan permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya terkait produk dan layanan pada sistem Cloud. Selama periode ini, perusahaan bekerja sama dengan Oracle NetSuite untuk mengakomodasi perusahaan-perusahaan di ASEAN bermigrasi ke sistem Cloud.

“Dengan langkah-langkah baru terkait COVID-19, saat ini banyak perusahaan menyadari adanya kebutuhan mendesak untuk mengubah dasar operasional bisnis ke sistem Cloud, sehingga dapat dioperasikan dari mana saja,” klaim Michelle.

Sebagai contoh, perusahaan dapat mengaktifkan business continuity plan mereka dengan sistem ERP berbasis Cloud yang dapat diakses secara jarak jauh dan aman. Ini dapat diakses bagi para staf yang bekerja dari rumah selama masa sulit ini.

Dalam beberapa tahun, ujar dia, PointStar telah banyak membantu perusahaan dan institusi dengan menawarkan solusi Cloud yang memiliki kapabilitas teknik otomasi, analitik dan kecerdasan buatan yang menjadikannya sebuah tempat kerja cerdas.



Oracle NetSuite adalah sebuah platform bisnis berbasis cloud yang mencakup ERP, Analytics, Customer Relationship Management (CRM), Commerce, email-marketing, Professional Services Automation and Human Capital Management. Dengan Oracle NetSuite, perusahaan dapat menyederhanakan proses kerja dengan nyaman secara real-time yang terintegrasi dengan aplikasi mobile.

Selain Oracle NetSuite, PointStar juga menyediakan layanan end-to-end berbasis Cloud seperti Google Cloud dan Cisco Meraki. Menurut Michelle, salah satu pondasi terbesar PointStar adalah memiliki tim yang telah berpengalaman dalam menangani bagaimana bisnis beroperasi. (Lihat juga: Harga serta Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra)

"Hal ini dapat membantu perusahaan dalam memberikan arahan, implementasi proses, pengaturan dan mengelola solusi Cloud yang sesuai dengan kebutuhan," ujarnya.
(iqb)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top