GM Minta Izin Produksi Kendaraan Otonom Tanpa Kemudi dan Pedal

Senin, 15 Januari 2018 - 13:30 WIB
GM Minta Izin Produksi Kendaraan Otonom Tanpa Kemudi dan Pedal
GM Minta Izin Produksi Kendaraan Otonom Tanpa Kemudi dan Pedal
A A A
DETROIT - Sejumlah pabrikan mobil global terus mengembangkan mobil otonom atau swakemudi sebagai mobil masa depan. Menariknya, produsen mobil asal Amerika Serikat atau AS yakni General Motors (GM) telah meminta persetujuan untuk mengoperasikan kendaraan swakemudi tanpa setir dan pedal.

GM meminta izin kepada Departemen Perhubungan AS untuk meluncurkan mobil otonom bernama Cruise AV yang benar-benar berjalan tanpa campur tangan manusia. "Kami meminta persetujuan untuk menempatkan kendaraan ini untuk beroperasi pada 2019," kata Stephanie Rice selaku juru bicara GM, dikutip dari AFP, Senin (15/1/2018).

Rice menjabarkan, Cruise AV akan menjadi kendaraan siap produksi pertama yang dibangun untuk beroperasi sendiri dengan aman. Mobil diklaim dapat berjalan tanpa pengemudi, setir, pedal atau kontrol manual.

Selain itu, GM juga mengajukan permintaan kepada National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) agar membebaskan kendaraan itu dari sejumlah standar federal yang tidak bisa dipenuhi mobil tanpa sopir.

"Kami belum membagikan rincian lokasi, tapi saat ini kami menguji mobil tanpa supir di pusat Kota San Francisco, Phoenix dan Metro Detroit. Kami berencana memperluas ke Kota New York City tahun ini," tambah Rice.

Sebelumnya, pimpinan GM pernah mengatakan, mereka berencana memperkenalkan armada taksi swakemudi dalam skala besar di 2019. Hanya rencana ini dinilai terlalu ambisius oleh beberapa analis.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7607 seconds (0.1#10.140)