alexametrics

Ini Alasan Baterai IPad Aman dari Ulah Software Apple

loading...
Ini Alasan Baterai IPad Aman dari Ulah Software Apple
IPad dinyatakan aman dari skandal Apple. Foto/GSM Arena
A+ A-
CUPERTINO - Skandal Apple yang mengakali baterai pada seri iPhone 6 ke atas melalui software-nya membuat marah pelanggannya. Lalu, apakah perangkat iPad juga bisa mengalami nasib yang sama?

Pertanyaan di atas wajar karena Apple juga memproduksi tablet sekaligus operating system-nya (OS). Dan pada kasus iPhone, perangkat lawas bermasalah pascapembaruan iOS.

Untunglah jawabannya adalah tidak. Jadi Apple tidak mencekik kinerja iPad berdasarkan umur baterai.

Dilansir dari GSM Arena, Power Management adalah tindakan penyeimbangan penuaan baterai yang kurang mampu memberikan daya cepat ke sistem yang membutuhkannya. Inilah penyebab penghentian iPhone secara tiba-tiba yang ditangani Apple tahun lalu dalam pembaruan iOS 10.2.1.

Secara khusus, Apple juga memperkenalkan sebuah fitur untuk mengatur puncak kinerja perangkat secara dinamis. Fitur ini bekerja bila diperlukan guna mencegah iPhone mati mendadak. Dalam perkembangannya, fitur ini hanya berlaku untuk iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE.

Baru-baru ini OS di-update menjadi iOS 11.2. Apple secara khusus memperluas fitur itu untuk memasukkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Dengan harapan, iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X yang baru diluncurkan akan ikut disertakan dalam fitur ini.

Dalam dokumen dukungan terbarunya, "iPhone Battery and Performance", Apple secara khusus membahas hal ini dengan menyatakan, fitur manajemen daya itu khusus untuk iPhone dan tidak berlaku untuk produk Apple lainnya.

Dengan keterangan tersebut, maka perangkat tablet milik Apple aman dari skandal pencekikan baterai iPhone. Bila Anda masih belum percaya, berikut ini penjelasan lebih dalamnya:

Tahun 2014 adalah iPhone 6 dan iPhone 6 Plus telah dirilis. Kedua ponsel ini memiliki kapasitas baterai masing-masing 1.810 mAh (6,9 Wh) dan 2.915 mAh (11,1 Wh). Lalu sebulan kemudian keluarlah iPad Air 2 dengan baterai 7.340 mAh (27,62 Wh).

Meskipun tidak sepenuhnya tak terpengaruh, dengan baterai yang lebih besar, perangkat iPad lebih mampu menangani puncak kinerja perangkat. Jadi tak perlu mematikan ponsel. Jadi bagi pengguna iPad tak perlu khawatir dengan fitur Manajemen Daya Apple yang baru.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak