alexametrics

Daihatsu Beberkan Kelemahan Mobil dengan Penggerak Roda Depan?

Daihatsu Beberkan Kelemahan Mobil dengan Penggerak Roda Depan?
Belakangan banyak pembahasan mengenai mobil dengan sistem penggerak tertentu yang menjadi salah satu pertimbangan konsumen sebelum membeli mobil. FOTO/ SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Belakangan banyak pembahasan mengenai mobil dengan sistem penggerak tertentu yang menjadi salah satu pertimbangan konsumen sebelum membeli mobil. Seperti diketahui, setidaknya ada 3 jenis penggerak mobil yang paling populer, yaitu penggerak roda depan (FWD), penggerak roda belakang (RWD) dan penggerak 4 roda (4WD/AWD).

Namun untuk mobil pessenger biasanya pabrikan mobil lebih memilih untuk menggunakan penggerak roda depan atau belakang. Hal ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dalam hal ini, Audi Tarantini, EC Advantage Stage Evaluation Department, Test and Validation Division (R&D) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan, Daihatsu lebih memilih menerapkan penggerak roda belakang terhadap produk-produk yang dimiliki. Pasalnya berdasarkan research internal yang dilakukan, mobil dengan penggerak roda depan memiliki kelemahan saat melibas jalan menanjak.

"Saat tanjakan, mobil dengan penggerak roda depan biasanya mengalami kesulitan. Karena ban sering selip atau spin jadi cukup riskan," ujar Audi, disela  acara Journalis Test Drive All New Terios, baru-baru ini, Senin (15/1/2018).

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, penggerak roda belakang lebih mudah menanjak. Terlebih kondisi medan yang dilalui menanjak dan berkerikil. "Dan ini sudah kami uji secara internal," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Audi menampilkan cuplikan video saat melakukan uji coba mobil dengan penggerak roda depan dan belakang. Dalam video tersebut terlihat mobil dengan penggerak roda depan cukup kesulitan untuk menanjak.

"Brand A (penggerak roda belakang) masih ada torsinya saat menanjak. Sedangkan Brand B (penggerak roda depan) tidak. Brand B high gear rationya lebih tnggi, jadi butuh skill berkendara untuk menanjak," ucapnya.

Meski begitu, mobil dengan penggerak roda depan bukan berarti tidak memiliki kelebihan. Mobil dengan penggerak roda depan biasanya lebih irit BBM karena bobot mobil lebih ringan daripada sistem penggerak lain. Selain itu, posisi mesin yang searah dengan roda lebih meringankan beban mesin, sehingga tenaga lebih efisien dan menghemat bahan bakar.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top