alexametrics

Batas Maksimal Pemakaian Ban Mobil

loading...
Batas Maksimal Pemakaian Ban Mobil
Ban menjadi salah satu elemen penting bagi kendaraan. Namun sayangnya banyak pengguna yang mengabaikan kondisi ban, khususnya mobil.FOTO/ Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Ban menjadi salah satu elemen penting bagi kendaraan. Namun sayangnya banyak pengguna yang mengabaikan kondisi ban, khususnya mobil.

Mungkin sedikit yang mengetahui bila ban mobil sebenarnya memiliki usia pemakaian. Dimana usia layak pakai ban sewajarnya ternyata lima tahun. Lebih dari waktu tersebut ban sudah seharusnya diganti.

"Kalau lebih dari lima tahun, ditakutkan komponen karet ban mengalami perubahan. Jadi ban tidak lagi dapat bekerja maksimal, ini berpengaruh terhadap performa dan kualitas dari karet ban itu sendiri. Jadi habis ga habis harus ganti," ujar Marketing Manager PT YHI Indonesia, Tejo Andriastono, di Jakarta, Selasa (16/1/2018).



Tejo menambahkan, ban yang sudah dipakai dan di isi agin akan mmepengaruhi kualitas ban. Terlebih ban harua menahan beban selama pemakaian.

Tejo pun menjelaskan, hitungan lima tahun tersebut terhitung sejak mulai dipakai. Jadi bukan dari hitungan tahun produksi ban.

Sementara untuk masalah jarak tempuh, rata-rata pemakaian ban sendiri adalah 40 ribub kilometer. "Tapi harus diperhatikan informasi ban, kan ada tread wear indikator (TWI). Kalau sudah menyentuh alangkah baiknya harus diganti," tukasnya.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak