alexametrics

BLANJA.com Hadirkan #BLANJAJEMPUTUKM

loading...
BLANJA.com Hadirkan #BLANJAJEMPUTUKM
BLANJA.com Hadirkan #BLANJAJEMPUTUKM. (Istimewa).
A+ A-
JAKARTA - Dalam upaya meningkatkan perekonomian Indonesia, marketplace BLANJA.com memiliki program #BLANJAJEMPUTUKM.

Kegiatan ini sudah menjangkau UKM di seluruh pelosok di Indonesia yang bertujuan meningkatkan kualitas serta melakukan pendampingan, mulai edukasi cara membuka toko online, tips foto produk yang menarik, hingga strategi pemasaran yang efektif.



Tahun 2018 diprediksi menjadi puncak pertumbuhan ekonomi kreatif. Hal ini didasari data survei Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa industri ekonomi kreatif di Indonesia pada 2015 tercatat menyumbangkan Rp852 triliun terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) nasional.

Sementara pada 2016 tercatat naik mencapai Rp922,58 triliun dengan nilai kontribusi terhadap PDB nasional sebesar 7,44%. Seperti kita ketahui bahwa pemerintah mendorong UMKM Indonesia untuk go online karena 60% kekuatan ekonomi Indonesia berada di sektor UMKM.

Saat ini pemerintah menyediakan saluran untuk UMKM mengembangkan usahanya melalui ecommerce. Sejalan dengan itu, marketplace yang mempunyai unique selling point “kekuatan sinergi grup”, BLANJA.com, memiliki misi mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Yaitu melalui peningkatan kesempatan bagi produk asli Indonesia menembus pasar nasional dan internasional. Seperti dilansir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), UKM sebagai representasi ekonomi rakyat karena dapat menyerap tenaga kerja kurang lebih 90%, serta memberikan kontribusi sebesar 58% terhadap produk domestik bruto nasional.

“Industri ekonomi kreatif yang bergerak di infrastruktur digital terus berkembang dengan pesat dan menawarkan berbagai solusi yang dapat membantu pelaku industri kreatif. Dan di sinilah peran BLANJA.com, membuka keterbatasan, mendorong perubahan, serta meningkatkan peluang bagi produk lokal agar dapat bersaing dengan produk impor,” ujar Aulia E Marinto, CEO BLANJA.com.

Rieka Handayani, Head of Public Relations BLANJA.com, menambahkan, BLANJA.com memiliki program #BLANJAJEMPUTUKM. Pihaknya hadir menjangkau UKM di seluruh pelosok di Indonesia dalam rangka meningkatkan kualitas serta melakukan pendampingan, mulai dari memberikan edukasi cara membuka toko online, tips foto produk yang menarik, hingga strategi pemasaran yang efektif.

Program #BLANJAJEMPUTUKM bersinergi dengan berbagai stakeholders , yaitu pemerintah melalui lima kementerian, yaitu Kementerian BUMN melalui RKB (Rumah Kreatif BUMN), Kementerian Kominfo dalam pelatihan delapan juta UMKM Go Online, Kementerian Perindustrian dalam program e-smart IKM, Kementerian Sosial dan Kementerian Perdagangan, Smesco, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dengan program kenduri e- UKM, IWAPI, dan lain-lain.
(Rendra Hanggara)
(nfl)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak